F-PKS DPRD Sumut Soroti Atap GOR Futsal PON 2024 Bocor: Kejadian yang Memalukan

Duel Sumut melawan DKI Jakarta di futsal PON 2024
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

Medan, VIVA  –  Fraksi PKS DPRD Sumatera Utara (Sumut) menyoroti soal bocor GOR Futsal Dispora Sumut saat berlangsung pertandingan Futsal Putra Sumut melawan DKI Jakarta di babak penyisihan grup A pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut.

Penampakan Isi Nasi Kotak Atlet PON Aceh-Sumut, Warganet: Perih!

Anggota Komisi E DPRD Sumut dari Fraksi PKS, Hendro Susanto menyukai kejadian atap bocor GOR Futsal tersebut, bikin malu Sumut sebagai tuan rumah dan acara itu, viral di media sosial.

“Sejak dimulainya beberapa pertandingan cabor PON di Sumut, yang sebagai tuan rumah PON 2024. Salah satu, di antaranya yakni futsal, semula kami di DPRD Sumut, dalam menjalankan tupoksinya, sudah mengingatkan ke PB PON Sumut, agar jangan terjadi dan ini kejadian yang memalukan,” sebut Hendro, Selasa 3 September 2024.

PB PON Aceh Buka Suara Usai Diprotes Atlet Soal Konsumsi

Hendro meminta kepada Panitia Besar (PB) PON Wilayah Sumut, menjamin kelayakan venue untuk menggelar pertandingan, dengan memberikan venue aman, dan memberikan pelayanan yang baik pada atlet yang bertanding, official atlet, suporter dan penonton.

"Tunjukkan bahwa Sumut sebagai tuan rumah mampu memberikan servis yang terbaik pada seluruh kontingan atlet, dari 38 provinsi yang bertanding di PON XXI ini," jelas politisi PKS.

Usut Pengelolaan Keuangan PON XXI, Polri Langsung ke Aceh-Sumut Siang Ini

Futsal Putra Sumut saat melawan DKI Jakarta di GOR Futsal Dispora Sumut, Kabupaten Deliserdang.(dok PON 2024 Sumut)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Hendro yang saat ini, maju sebagai Bacalon Wakil Walikota Binjai itu, mengatakan insiden atap bocor GOR Futsal tersebut, dinilai tidak diinginkan. Tapi, kalau dilakukan persiapan secara matang, hal tersebut tidak bakalan terjadi.

"DPRD Sumut, prihatin karena sejak awal sudah kritis ke pihak terkait agar betul-betul dipastikan venue cabor PON, siap dan layak serta aman. Informasi yang kami terima, saat pertandingan kemarin. Panpel tidak sigap untuk segera memperbaiki bocornya atap venue pon di gedung serbaguna," kata Hendro.

Atas insiden tersebut, Hendro meminta pada PB PON wilayah Sumut, untuk segera melakukan evaluasi dan agar hal ini jangan terulang lagi, mengingat masih adanya ditemukan venue yang belum selesai pekerjaannya.

"Kemudian, belum dicoba untuk mengetahui apakah sudah sesuai standar keamanan dan layak digunakan untuk pertandingan cabor PON. Kejadian Ini yang kami tentu telah membuat kita malu sebagai tuan rumah, belum lagi kami dapatkan informasi bahwa menu makanan buat atlet terkesan kurang layak," ucap Hendro.

"Kita minta PB PON dan Pj Gubernur Sumut, segera mengevaluasinya agar tidak terulang kembali di hari esoknya," tutur Hendro kembali.

PB PON sendiri hari ini, sudah melakukan perbaikan atap GOR Futsal tersebut, dengan menutup bagian atas dengan menggunakan terpal besar warna hitam, untuk menutup bagian yang bocor.

Diberitakan sebelumnya, Laga Futsal Putra Sumut kontra DKI Jakarta harus dihentikan sementara, karena atas GOR Dispora Sumut, bocor. GOR berlokasi di Jalan William Iskandar, Kabupaten Deliserdang, sedang turun hujan, Senin siang, 2 September 2024.

Pertandingan babak penyisihan grup cabang olahraga (Cabor) Futsal itu, dimulai pukul 13.00 WIB. Dalam laga itu, kedua tim bermain agresif sehingga awal pertandingan saling balas gol dengan skor 1-1.

Namun, pertandingan baru berjalan 5 menit. Wasit menghentikan sementara pertandingan dengan kondisi lantai lapangan futsal basah.

Alhasil, para penonton menyoraki panitia, yang sedang membawa wadah atau tong sampah, untuk menampung air hujan akibat bocor atap GOR tersebut.

Sontak video GOR Futsal milik Dispora Sumut, viral di media sosial dan menjadi pesan beruntun di grup WhatsApp Jurnalis di Kota Medan.

"Atap bocor hancur, laga Futsal Sumut dan DKI Jakarta dihentikan, karena atap bocor," teriak penonton laga Futsal tersebut, dalam video pesan beruntun di grup WhatsApp Jurnalis di Medan, dikutip VIVA.

Hujan redah dan tetes air tidak tampak lagi, pertandingan dilanjutkan pada pukul 15.45 WIB. Kemudian, panitia pelaksana memutuskan melanjutkann laga setelah melakukan pengecekan kelayakan venue dan lantai sudah kering tidak terdampak rembesan hujan. Akhir pertandingan, Tim Futsal Sumut berhasil menaklukkan DKI Jakarta 3-2.

Atas kejadian GOR Futsal Bocor milik Pemprov Sumut itu, Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XXI tahun 2024, Aceh-Sumut menyampaikan permohonan maaf atas tertundanya yang terjadi pada laga penyisihan grup A tersebut.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini, kejadian ini merupakan hal yang tak terduga,” ucap Sekretaris Umum PB PON XXI Aceh-Sumut, Effendi Pohan, kepada wartawan, Senin 2 September 2024.

Selanjutnya PB PON XXI Aceh- Sumut langsung melakukan koordinasi ke pihak terkait agar dapat segera dilakukan perbaikan dan hal tersebut tidak terulang lagi.

“Kami berusaha untuk segera memperbaikinya, agar pertandingan dapat dilanjutkan dan tidak terulang lagi dalam pertandingan-pertandingan selanjutnya,” kata Effendi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya