Prediksi Gus Dur untuk Timnas Indonesia di Piala Dunia

Khofifah Indar Parawansa (kiri) saat masih muda bersama Gus Dur.
Sumber :
  • Humas Pemprov Jatim

Jakarta, VIVA – Mantan Presiden Indonesia, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, pernah memprediksi tentang masa depan sepak bola di Tanah Air. Gus Dur sempat mengatakan nasib Timnas Indonesia di kancah Piala Dunia.

Timnas Indonesia Butuh Lawan Kuat untuk Tembus Ranking 100 FIFA

Momen itu terjadi pada 2006 silam saat tokoh Nahdlatul Ulama (NU) tersebut tengah berbincang dalam sebuah wawancara. Mulanya Gus Dur ditanya seputar Piala Dunia 2006 tentang tim mana yang akan lolos ke final.

Rizal Ramli dan Gus Dur

Photo :
  • vstory
Terpopuler: Cristian Gonzales Soroti Naturalisasi, Oxford United Komentari Marselino di Timnas

Kala itu Gus Dur mengatakan empat tim jagoan yang punya potensi itu. Keempat tim yang dimaksud di antaranya adalah Argentina, Jerman, Brasil, dan Prancis. 

“Ya, pokoknya kalau nggak Argentina, Jerman, Brasil, ya Prancis," jawab Gus Dur, mengutip dari NU Online, Senin 2 September 2024.

Respons Berkelas Cristian Gonzales: Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Kebanyakan, Tapi...

Gus Dur merupakan tokoh yang dikenal hobi dengan sepakbola. Dia bahkan jarang absen untuk menyaksikan turnamen Piala Dunia selama hidupnya. Ketika ditanya soal peluang Timnas Indonesia, Gus Dur pun turut buka suara.

Timnas Indonesia senior jelang hadapi Curacao

Photo :
  • PSSI.org

Menurutnya, Timnas Indonesia perlu ditempa lebih keras jika ingin bisa lolos ke ajang tersebut. Sebab pada saat itu kondisi Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) kerap kali carut marut. 

Ketika ditanya pada 2006 silam, Gus Dur mengatakan kemungkinan Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia masih sangat lama. Ada perkiraan sekitar 20 tahun lagi sejak wawancara itu digelar. Prediksi itu pun mulai terasa di era sekarang. Mengingat Skuad Garuda saat ini tengah berjuang di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Wah, masih lama,” ujar Gus Dur ketika ditanya peluang Timnas Indonesia lolos Piala Dunia.

"Berapa tahun lagi Gus, 20 tahun lagi?" tanya sang presenter.

“Ya lama sekali, pokoknya masih lama. Ya gimana lagi, lha PSSI-nya kayak gitu. Gimana persepakbolaan kita mau maju. Gitu aja kok repot," tukas Gus Dur kemudian.

Sebagaimana diketahui, saat ini Timnas Indonesia menjadi wakil tunggal Asia Tenggara yang mampu lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia. Skuad Garuda punya kesempatan melangkah lebih jauh jika mampu berada di peringkat keempat klasemen Grup C yang dihuni oleh Jepang, China, Australia, Bahrain, dan Arab Saudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya