Pertandingan Perdana di PON 2024, Tim Sepakbola Putra Sumut Optimis Menang Lawan Sulbar

Manajer tim Sepakbola Putra Sumut, Mulyadi Simatupang saat memberikan motivasi kepada pemain Sepakbola Putra Sumut.(dok PON 2024)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Banda Aceh, VIVA  – Pertandingan perdana di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut. Tim Sepakbola Putra Sumatera Utara (Sumut) optimis menang menghadapi Sulawesi Barat (Sulbar) di Stadion Dirmuthala, Kota Banda Aceh, 3 September 2024 mendatang.

Dua Perenang Jatim Raih Medali Emas dan Perak di PON 2024, Pj Gubernur: Saya Turut Merasa Bangga

Manajer tim Sepakbola Putra Sumut, Mulyadi Simatupang mengungkapkan optimisme sangat penting guna memotivasi para peserta pertandingan, sekaligus membakar semangat para pemain yang akan bertanding. Karenanya, Mulyadi menanamkan sikap itu kepada timnya di momentum PON 2024 ini.

"Diharapkan dengan keyakinan penuh dan usaha yang maksimal dapat mendapatkan hasil terbaik. Latihan secara totalitas, kami sangat optimis Tim kami bisa menang,” ucap Mulyadi Simatupang saat memberikan motivasi anak didik Pelatih Ridwan Saragih di Banda Aceh, Minggu 1 September 2024.

Viral! Kontroversi Tinju PON 2024, Wasit Diduga Bantu Petinju Tuan Rumah

Saat ini, jelas Mulyadi Simatupang, Tim PON Sumut dalam kondisi baik dan bugar serta siap memberikan hasil terbaik dengan target menang di pertandingan perdana ini.

Tim sepakbola Sumut lakoni sesi latihan menjelang PON 2024.(dok Asprov PSSI Sumut)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)
Calista Setiawan, Pewushu Jateng Sukses Sabet Medali Emas di PON 2024

"Saya mengakui biasanya pertandingan pertama ini, sedikit banyak ada beban atau tekanan mental bagi para pemain. Dan hal itu adalah situasi yang wajar, mengingat setelah persiapan hampir satu tahun, sekarang memasuki pertandingan sebenarnya,” kata Mulyadi Simatupang.

Pun begitu lanjut Mulyadi, jajaran official sudah mengantisipasinya sejak awal dengan melakukan pendekatan kepada pemain. Baik secara teknis taktik dan strategi, maupun non teknis seperti kedekatan emosional, mengajak semua pemain berdiskusi (membangun keakraban). Tujuannya untuk mengurangi ketegangan sebelum bertanding, serta menumbuhkembangkan rasa kebersamaan dan kekompakan.

"Dengan modal ini ditambah pengalaman atau jam terbang selama ini, khususnya uji coba tim selama di Pulau Jawa, maka sudah seharusnya pertandingan pertama ini kita semua optimis dapat memenangkan pertandingan melawan Sulbar,” ujarnya.

Namun optimisme itu kata Mulyadi, bukan berarti meremehkan lawan. Tetapi karena modal persiapan yang baik dengan meyakini bahwa tim Sepakbola Putra PON Sumut bisa bertanding dan meraih hasil terbaik. Meskipun Sulbar bukan lawan yang berat menurutnya.

“Ya pastinya dengan keyakinan dan juga motivasi yang positif, saya yakin dengan tim sepakbola putra PON Sumut yang sudah dibentuk dengan berbagai kolaborasinya. Yang penting mainnya dengan ikhlas, tidak ada tekanan, saya rasa insyaAllah bisa mencapai permainan yang sangat baik,” sebut Mulyadi.

Dalam gelaran PON XXI Aceh-Sumut 2024, Provinsi Sumut akan bersaing di Grup B bersama Sulawesi Barat, Jawa Tengah, Papua Barat dan Sulawesi Tengah.

Sementara untuk laga kedua, Tim Sepakbola PON Sumut asuhan Ridwan Saragih akan menghadapi Jawa Tengah di Stadion Dimurthala, Banda Aceh, 6 September 2024.

Kemudian bertemu Papua Barat di stadion yang sama, pada 9 September 2024. Dan terakhir berhadapan dengan Sulawesi Tengah 11 September 2024 malam.

Sementara itu, Pelatih Ridwan Saragih sadar bahwa berada di Grup B, mereka harus menghadapi empat pertandingan di penyisihan. Oleh karena itu, fokusnya memastikan pemain memiliki recovery yang baik dan kebugaran optimal.

"Saya ingin mereka berada dalam performa terbaik saat kompetisi nanti,” ucap Saragih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya