Futsal Sumut Bungkam Sulbar 8-4, Jaga Asa ke Semifinal PON 2024

Tim Futsal Sumut kontra Futsal Sulbar, di GOR Dispora Sumut.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan, VIVA  – Kemenangan perdana diraih tim futsal putra Sumatera Utara di babak penyisihan Grup A pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut yang berlangsung di GOR Disporasu - Disporasu Sport Center, Jalan Williem Iskandar, Sabtu 31 Agustus 2024.

Jendela Kaca Venue Lapangan Basket PON 2024 di Aceh Pecah Mengenai Penonton

Kemenangan perdana tersebut diraih Rone Ibrema Taruhan dan kawan-kawan dari Sulawesi Barat (Sulbar) dengan skor telak 8-4. Kemenangan ini menjaga peluang tim futsal putra Sumut melaju ke babak semifinal.

Jalannya pertandingan, tuan rumah Sumut tampil dominan. Menit ke-4 Teddy mencetak gol usai memanfaatkan umpan Fakhri. Sumut memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-15, yang dicetak Ibre menerima umpan sepak pojok Fakhri gagal diblok penjaga gawang Sulbar.

Kader PPP: PON 2024 Berjalan Aman dan Lancar

Tertinggal 2 gol, Sulbar meresponnya dua menit kemudian melalui heading Ghifari yang meneruskan umpan lambung Fhiqram. Tidak lama berselang, Ghifari kembali cetak gol kedua dan samakan skor menjadi 2-2.

Satu menit sebelum babak pertama usai, Sumut kembali unggul melalui Chandra yang meneruskan umpan dari Teddy dari sisi kanan gawang Sulbar. Hingga babak pertama usai, skor 3-2 bagi keunggulan Sumut.

Meski Baru Eksibisi, Honor Of Kings Diharapkan Masuk Nomor Cabor Esport di PON 2028

Babak kedua, Sulbar mencetak gol penyeimbang menjadi skor 3-3 melalui sepakan kaki kiri Yeunry di menit ke-21. Sumut kemudian merespon dengan menambah 2 gol yang dicetak Rangga dan Wilvi, yang menjadikan skor unggul 5-3.

Petaka bagi Sumut harus kehilangan satu pemain Rone Tarihan, diusir wasit usai dihukum kartu merah. Sulbar pun menerapkan corplay yang hasilnya sukses memperkecil ketertinggalan menjadi 5-4 melalui sepakan Fhiqram.

Gol ini kembali direspon Sumut melalui Fahri memperlebar jarak menjadi 6-4 dan gol Wilvi semakin memperbesar keunggulan 7-4. Dan, tendangan keras Angga menjadi klimaks laga ini dan memastikan kemenangan bagi putra Sumut.

Logo PON XXI Tahun Aceh-Sumut.(istimewa/VIVA)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Usai laga, pelatih futsal Sumut, Hendrawan Ferdiansyah mengakui skema corplay Sulbar di akhir babak pertama merepotkan lini pertahanan. Beruntung, para pemain tidak terikut dengan ritme permainan lawan.

"Sulbar bermain dengan baik, cuma instruksi kita ke pemain kita gak mau kejebak seperti lawan NTT. Kita coba beradaptasi dan bermain dengan karakter kita. Alhamdulillah, berjalan dengan baik, walaupun pecah konsentrasi karena adanya corplay. Kita konsentrasi membendung serangan dan dapat hasil yang kita inginkan," katanya. 

Sedangkan, pelatih Sulbar, Yolla Hendro mengakui gol lawan tercipta akibat kesalahan individu pemain sendiri. Apalagi skema corplay di babak kedua justru menjadi momok menakutkan bagi pertahanan mereka.

"Beberapa kesempatan kita tidak berhasil memanfaatkan peluang menjadi gol. Beberapa kesalahan individu, berhasil dimanfaatkan tuan rumah. Gak cukup waktu untuk mengejar, kita kehilangan game hari ini," kata Yolla. 

Dengan kemenangan ini, Sumut sementara menduduki puncak klasemen Grup A dengan koleksi 4 poin atau sama dengan NTT di peringkat dua. Sedangkan Sulbar harus puas berada di dasar klasemen tanpa poin. Selain itu, Jatim dan DKI Jakarta juga memiliki nilai sama 3 poin dan berada di peringkat tiga dan empat klasemen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya