Skuad Mewah Timnas Indonesia di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Ada Belasan Pemain Abroad

Timnas Indonesia senior jelang hadapi Curacao
Sumber :
  • PSSI.org

Jakarta, VIVA – Timnas Indonesia membawa skuad mewah dalam menatap babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sang pelatih kepala, Shin Tae yong, sudah memanggil sebanyak 26 pemainnya sejak Kamis 29 Agustus 2024.

Dugaan Paspor Ganda Pemain Timnas Indonesia, Yunus Nusi: Berhentilah Bahas Isu Murahan Ini

Menariknya, setengah dari total pemain Timnas Indonesia yang dipanggil tersebut saat ini tengah berkarier di luar negeri alias abroad. Tercatat setidaknya ada 13 pemain Tim Merah Putih yang berkarier abroad.

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, Thom Haye dan Hokky Caraka

Photo :
  • Instagram/thomhaye
Ragnar Oratmangoen Bersaing dengan Minamino dan Son Heung Min

Salah satunya adalah pemain keturunan Indonesia yang baru bergabung, Maarten Paes. Kiper berusia 26 tahun itu berkarier di Amerika Serikat bersama FC Dallas.

Timnas Indonesia juga punya koleksi bek berkualitas Eropa. Pemain-pemain yang dimaksud di antaranya ada Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers, Inggris), Calvin Verdonk (NEC Nijmegen, Belanda), Jay Idzes (Venezia, Italia), Sandy Walsh (KV Mechelen, Belgia), hingga Shayne Pattynama (KAS Eupen, Belgia).

Momen Timnas Indonesia Dihancurkan Bahrain 10-0

Mereka merupakan pemain keturunan yang telah disumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Timnas Indonesia juga punya kualitas bek lokal yang mendunia seperti Asnawi Mangkualam (Port FC, Thailand) dan Pratama Arhan (Suwon FC, Korea Selatan).

Bek Timnas Indonesia dan Venezia, Jay Idzes

Photo :
  • Instagram/jayidzes

Lini tengah Timnas Indonesia juga mewah. Skuad Garuda punya tiga pemain abroad di antaranya Nathan Tjoe-A-On (Swansea City, Inggris), Ivar Jenner (Jong Utrecht, Belanda), dan Marselino Ferdinan (Oxford United, Inggris).

Ada satu pemain lainnya yang punya level kualitas Eropa. Sosok yang dimaksud adalah Thom Haye. Gelandang berusia 29 tahun itu sekarang masih menanti pelabuhan baru setelah resmi dilepas SC Heerenveen pada awal Juli lalu.

Shin Tae-yong tidak kekurangan pemain abroad. Di lini serang Timnas Indonesia memiliki Rafael Struick (ADO Den Haag, Belanda) dan Ragnar Oratmangoen (FCV Dender, Belgia). Sekadar informasi, total pemain abroad Timnas Indonesia masih ada lagi di luar nama-nama yang dipanggil tersebut seperti Elkan Baggott (Blackpool FC, Inggris), Jordi Amat (JDT, Malaysia), hingga Saddil Ramdani (Sabah FC, Malaysia).

Berikut Daftar Pemain Abroad Timnas Indonesia di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026:

  1. Maarten Paes (FC Dallas, Amerika Serikat)
  2. Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers, Inggris)
  3. Calvin Verdonk (NEC Nijmegen, Belanda)
  4. Jay Idzes (Venezia, Italia)
  5. Sandy Walsh (KV Mechelen, Belgia)
  6. Shayne Pattynama (KAS Eupen, Belgia)
  7. Asnawi Mangkualam (Port FC, Thailand)
  8. Pratama Arhan (Suwon FC, Korea Selatan)
  9. Nathan Tjoe-A-On (Swansea City, Inggris)
  10. Ivar Jenner (Jong Utrecht, Belanda)
  11. Marselino Ferdinan (Oxford United, Inggris)
  12. Rafael Struick (ADO Den Haag, Belanda)
  13. Ragnar Oratmangoen (FCV Dender, Belgia)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya