Ratusan Peserta Ramaikan National Conference of Football & Sciences di Jambi

National Conference of Football & Sciences 2024
Sumber :
  • Istimewa

Jambi, VIVA – National Conference of Football & Sciences 2024 digelar di Ratu Convention Center, Kota Jambi, Rabu 28 Agustus 2024. Ini merupakan kegiatan yang pertama kali digelar di Indonesia.

FOMO Simpati Sepakbola Sulteng di PON: Ahmad Ali Dihujat, Cudy Dipuji

Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H. yang langsung membuka acara ini. National Conference of Football & Sciences ini akan digelar selama dua hari, 28-29 Agustus 2024.

Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria juga turut hadir dalam cara pembukaan. Dia menjadi salah satu keynote speaker bersama Rektor Universitas Jambi, Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H.

Detik-detik Wasit PON 2024 Dipukul Pemain Sulteng saat Lawan Aceh

Asosiasi Provinsi PSSI Jambi selaku panitia penyelenggara menerima kiriman puluhan artikel hasil penelitian. Sebanyak 18 artikel terpilih dan dipresentasikan serta didiskusikan selama acara berlangsung. Sementara yang tidak terpilih akan didisikusikan secara daring.

Karya-karya ilmiah yang diterima pada konferensi ini adalah di bidang Science of Football meliputi Football Medicine, Football Technology, Football Physiology, Football Nutrition, Football Beomechanice and Physics. Sedangkan di bidang Social Sciences of Football meliputi Football Management & Industry, Football Psychology, Football Sociology, Football For Development dan Sport Education (Football).

Keren, Ada Gerakan Bantu Anak Prasejahtera Lewat Sepakbola

Ratu Tisha Destria yang ahli dalam Management Law and Humanities of Sport, lalu ada Ketua Asprov PSSI Jawa Barat Tommy Apriantono, sebagai ahli Physiology Exercise and Sport Biomechanics dan Endarman Saputra sebagai ahli dalam Sport Management, Sport Event, and Sport Marketing Expertise terlibat di dalamnya.

"Para ahli yang terlibat pada Conference of Football and Sciences ini terlebih dahulu mengirimkan artikel hasil riset mereka yang akan kita bahas. Nantinya setiap kebijakan dan pengembangan yang dilakukan dasarnya adalah riset, ilmu pengetahuan dan teknologi terbarukan," ujar Reza Hadinata, Ketua Panitia National Conference of Football and Sciences 2024.

Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H., menyatakan sangat bangga agenda ini diselenggarakan di daerah yang dipimpin. Harapannya ada dampak baik bagi sepakbola Jambi ke depan.

"Semoga dari sini akan membawa dampak baik bagi persepakbolaan Jambi pada khususnya dan sepakbola nasional pada umumnya," ucapnya. 

"Saya sangat bangga dan berterima kasih atas terselenggaranya acara ini. Saya juga bangga persepakbolaan Indonesia di era Ketua Umum PSSI Pak Erick Thohir semakin maju dan diperhitungkan negara-negara lain."

Ratu Tisha mengatakan, dari agenda ini diharapkan akan lahir rekomendasi-rekomendasi untuk PSSI. Dia juga ingin agenda seperti ini akan rutin digelar.

"Rekomendasi itu nantinya akan kami bawa ke PSSI pusat dan dibahas lebih mendalam oleh Departemen Teknik. Didalami, disaring, lalu nanti diimplementasikan," kata Tisha. 

"Ke depan ini akan menjadi event tahunan. Dan riset-riset itu nantinya tidak hanya untuk PSSI, tapi bisa dipelajari dan diterapkan oleh semua yang berkarier di dunia sepakbola," imbuhnya.

Ratu Tisha juga mengapresiasi para presenter dari Sabang sampai Merauke yang sudah mengirimkan hasil karya-karya terbaiknya.

"Ini istimewa. Karena mempertemukan praktisi-praktisi dan akademisi keilmuan sepakbola,” katanya. 

"Ini selaras dengan PSSI yang selalu mengembangkan inovasi-inovasi terkini dalam dunia persepakbolaan. Jadi kami sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Asprov PSSI Jambi dan Universitas Jambi ini. Luar biasa!

Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H., dalam sambutannya berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam konferensi. 

"Semoga ini jadi tradisi ke depan. Ini kali pertama. Saya apresiasi dan dukung penuh demi pengembangan olahraga, terutama sepakbola. Secara khusus saya juga berharap semoga agenda ini memberi dampak bagi persepakbolaan Jambi," tutur Ketua Komdis Asprov PSSI Jambi itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya