Pemain Pertama Indonesia di Serie A, Jay Idzes atau Kurniawan Dwi Yulianto?

Bomber legendaris timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto
Sumber :
  • foxsportsasia.com

Jakarta, VIVA – Sosok Jay Idzes tengah menjadi sorotan. Bek 24 tahun ini menjadi pemain Indonesia pertama yang tampil di Serie A.

Bakat Tersembunyi Calvin Verdonk di Luar Lapangan

Momen tersebut tersaji saat Venezia menghadapi tuan rumah Fiorentina di Artemio Franchi, Minggu 25 Agustus 2024. Dalam duel yang berakhir imbang 0-0 ini, Jay Idzes turun sebagai starter dan bermain 68 menit.

Benarkah Jay Idzes pemain Indonesia pertama yang main di Serie A? Bukankah dulu ada Kurniawan Dwi Yulianto yang bermain untuk Sampdoria? Berikut pembahasannya.

Media Asing Ungkit Sumbangsih Besar Belanda di Balik Keganasan Timnas Indonesia

Kurniawan memperkuat Sampdoria pada 1993. Saat itu, dia masuk melalui program PSSI Primavera bersama pemain Indonesia lainnya yakni Kurnia Sandy, Bima Sakti, dan Aples Tecuari.

Jay Idzes debut di Serie A

Photo :
  • Tangkapan layar
4 Momen Tidak Terlihat di TV saat Timnas Indonesia vs Australia: STY Komplain Rumput GBK

Awalnya, Kurniawan diperuntukkan untuk Sampdoria U-23. Dia yang masih berusia 17 tahun berlatih bersama pemain-pemain berusia 20 tahun.

Kurniawan terus mengalami perkembangan setelah berlatih di sana. Dia pun mendapatkan kesempatan masuk tim senior Sampdoria.

Pria asal Magelang itu diboyong Sampdoria untuk pramusim ke Asia. Di tim senior, Kurniawan bersama pemain-pemain top dunia pada masanya, seperti Walter Zenga, Sinisa Mihajlovic, Roberto Mancini, dan Ruud Gullit.

Namun, Kurniawan tidak masuk dalam skuad Sampdoria yang tampil di Serie A. Dia melanjutkan karier bersama klub asal Swiss, FC Luzern di musim 1994/95 dengan catatan 3 gol dari 12 penampilan.

Kurniawan tercatat sebagai pemain Indonesia pertama dan satu-satunya yang mencetak gol di kompetisi kasta teratas liga Eropa.

Kurnia Sandy Nyaris Mentas di Serie A
Sebelum Jay Idzez mencatat sejarah, Kurnia Sandy nyaris menjadi pemain Indonesia pertama yang main di Serie A. Sebab, dia tercatat sebagai kiper keempat Sampdoria di bawah pelatih Sven-Goran Eriksson.

Menjelang laga pekan ke-20 Serie A 1996-1997 melawan AS Roma pada 16 Februari 1996, sempat ada rumor Kurnia Sandy akan masuk line-up Sampdoria.

Kurnia Sandy

Photo :

Pasalnya, Fabrizio Ferron harus menjalani skorsing setelah mendapatkan kartu merah dalam laga melawan AC Milan.

Dengan begitu, Matteo Sereni bakal turun sebagai starter dan Kurnia Sandy diasumsikan akan berada di bangku cadangan. Akan tetapi, momen itu akhirnya batal terjadi. Dokuman International Transfer Certificate (ITC) Kurnia Sandy ternyata belum beres.

Alhasil, dia gagal masuk line-up Sampdoria dan posisi kiper cadangan diambil penjaga gawang Sampdoria Primavera, Alessandro Giovinazzo.

Dan akhirnya Jay Idzes mampu mencatat sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang tampil di Serie A.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya