China Ketar-ketir Usai Maarten Paes Gabung Timnas Indonesia

Maarten Paes
Sumber :
  • AP Photo/LM Otero

VIVA – Kabar Maarten Paes bisa memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 membuat China ketar-ketir.

Waduh, Suporter Australia Sebut Stadion GBK Mirip Kandang Sapi: Kasihan Sekali

Media China, Sohu, menyoroti kehadiran penjaga gawang Dallas FC tersebut. Mereka menyebut dengan adanya Paes di Timnas Indonesia membuat peluang China untuk lolos ke Piala Dunia atau putaran keempat menjadi tidak pasti.

Ya, China dan Indonesia tergabung di Grup C. Mereka akan bersaing dengan Jepang, Arab Saudi, Australia, dan Bahrain.

Firman Utina Puji Performa Timnas Indonesia usai Tahan Imbang Arab Saudi dan Australia

"Timnas Indonesia terus melanjutkan proses naturalisasi skala besar. Pemain ke-14 telah bergabung, dan semua posisi telah diperkuat secara komprehensif, sehingga prospek Timnas China untuk lolos menjadi tidak pasti," tulis Sohu, seperti dikutip media Korea Selatan, Khan.co.

"China juga terus melakukan naturalisasi secara besar-besaran, namun diketahui akan mempertahankan skuad timnasnya saat ini untuk sementara waktu. Sementara itu, masyarakat sangat tegang mendengar kabar adanya tambahan naturalisasi di Timnas Indonesia," sambungnya.

PSSI Buka Suara soal Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Diduga Punya 2 Paspor

Maarten Paes memang sudah lama ditunggu-tunggu pencinta sepakbola Indonesia. Dia resmi menjadi WNI pada 30 April 2024 lalu.

Namun, FIFA sempat menolak perpindahan asosiasi pemain berusia 26 tahun tersebut dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI) karena sang kiper pernah membela Timnas Belanda U-21 saat berusia 22 tahun.

PSSI lantas mengajukan banding terkait keputusan FIFA tersebut. Sidang banding telah berlangsung pada 15 Agustus lalu, dan hasilnya diumumkan pada Senin 18 Agustus 2024 kemarin.

Lewat akun Instagram pribadinya, Ketua PSSI, Erick Thohir, menyebut Maarten Paes sudah sah dan bisa didaftarkan untuk membela Tim Garuda. 

Dengan adanya keputusan tersebut, Paes berpeluang membela Timnas Indonesia pada laga putaran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Hanya saja, Paes sudah dipastikan tidak akan memperkuat Timnas Indonesia ketika bertandang ke Arab Saudi pada 5 September 2024 karena namanya belum didaftarkan ke AFC.

Dia baru bisa bermain untuk Timnas Indonesia ketika melawan Australia pada 10 September 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya