Target Jangka Panjang dan Pendek Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Pertemuan Erick Thohir dan Shin Tae-yong
Sumber :
  • Instagram @erickthohir

Jakarta, VIVA – Shin Tae yong punya dua target berbeda bersama Timnas Indonesia sebagai pelatih kepala. Pria asal Korea Selatan itu membagi tujuannya menjadi dua, yakni jangka panjang dan pendek.

Momen Sandy Walsh Ngomong 'Insyaallah', Ragnar Oratmangoen Dicurigai

Dalam target jangka panjang, Shin Tae-yong berencana ingin memperbaiki peringkat Timnas Indonesia di ranking FIFA. Niat ini yang sudah dia usung sejak awal bergabung menjadi pelatih kepala Tim Merah Putih 2020 lalu.

shin tae-yong dan Erick Thohir

Photo :
  • Instagram
Ini Alasan Penting PSSI Carter Pesawat untuk Timnas Indonesia ke China

Saat itu ranking FIFA Timnas Indonesia berada di urutan ke-174 yang kini sudah naik ke-133 peringkat dunia. Namun target jangka panjangnya adalah membawa Skuad Garuda bisa tembus ke-100 besar ranking FIFA.

''Tujuan saya ke depan, ada rencana jangka panjang dan jangka pendek. Untuk jangka panjang, ketika saya ke Indonesia, peringkatnya kira-kira 174, dan sekarang sudah naik ke 133,'' ungkapnya dalam wawancara di KBS World.

Waduh, Suporter Australia Sebut Stadion GBK Mirip Kandang Sapi: Kasihan Sekali

''Selama saya di sini, saya ingin membawa Timnas Indonesia masuk dalam 100 besar [ranking FIFA]. Itu adalah jangka panjangnya,'' lanjut bapak dua anak itu.

Pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI

Sementara target jangka pendek Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia adalah Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dia bertekad membawa Skuad Garuda mampu melewati babak ketiga kualifikasi turnamen bergengsi tersebut.

Rencananya, Shin sebisa mungkin ingin membawa Timnas Indonesia duduk di peringkat ketiga atau empat Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebab, itu menjadi tiket untuk bisa lanjut ke babak keempat kualifikasi.

''Untuk rencana jangka pendek [yaitu] di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia, yang akan dimulai pada September, [saya ingin] masuk di peringkat tiga atau empat, kemudian maju lewat babak playoff. Itu rencana jangka pendek yang ada di depan mata,'' sambung Shin kemudian.

''Untuk mencapai itu, saya terus berdiskusi dengan Pak Erick Thohir [Ketum PSSI], saya berharap para penggemar sepak bola Indonesia dan masyarakat Indonesia memberikan dukungan penuh,'' pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya