Nova Arianto Coret 2 Pemain Abroad di Timnas Indonesia U-17

Pelatih Timnas U-16, Nova Arianto menyaksikan semifinal Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Jakarta, VIVA – Timnas Indonesia U-17 segera berbenah sejak dini sebelum menatap Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Sang pelatih kepala, Nova Arianto, mencoret dua nama pemain yang berkiprah di kompetisi luar negeri atau abroad dalam skuadnya. 

PSSI Buka Suara soal Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Diduga Punya 2 Paspor

Adapun kedua pemain yang dimaksud adalah seorang bek yang berkarier di klub Australia bersama Subiaco AFC, Matthew Davis, dan satu striker didikan Atletico Madrid FA, Miroslav Fernando. Mereka tidak masuk dalam daftar 35 pemain yang dipanggil Nova untuk pemusatan latihan (TC) di Bali.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)
Kiper Timnas Indonesia Kartu Merah, Borneo FC Gagal Tumbangkan PSS

“Matthew Davis (Subiaco AFC-Australia) dan Miroslav Fernando (Atletico Madrid FA-Spanyol) mereka berdua tidak masuk,” jelas Nova saat dikonfirmasi VIVA, Senin 12 Agustus 2024.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-17 akan menjalani TC di Bali mulai Senin 12 Agustus 2024 hingga akhir bulan ini. Di sana mereka juga dijadwalkan bakal melakoni dua laga uji coba sebelum bertolak kembali ke Jakarta.

Timnas Indonesia Jadi Tim Asia Ketiga Paling Banyak Koleksi Poin Ranking FIFA

Tim asuhan Nova Arianto itu juga segera dirpyeksikan menjalani TC di Spanyol kedepannya. Mereka kemudian langsung diterbangkan ke Kuwait untuk menjalani laga Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 mulai 9-27 Oktober 2024. Dalam ajang tersebut, Indonesia berada di grup G bersama Australia, Kuwait dan Kepulauan Mariana Utara.

Matthew Davis

Photo :
  • Instagram

Sebelumnya, Nova telah memanggil 32 nama pemain untuk seleksi masuk Timnas Indonesia U-17. Agenda tersebut digelar sejak Senin 5 Agustus 2024. Ada tiga penggawa abroad yang diketahui menjadi bagian dari seleksi itu. Selain Matthew Davis dan Miroslav Fernando, ada juga  Ocean Erwin Lim yang berkarier di Spanyol bersama FC Cardedeu.

Namun dari ketiga pemain abroad itu hanya Erwin Lim yang berhasil lolos seleksi tersebut. Keputusan hasil ditetapkan pada Sabtu 10 Agustus 2024.

Selain itu, Lionel Messi juga dicoret oleh Nova dalam skuad. Pemain didikan ASIOP bernama lengkap Lionel Messi Al Fachri tersebut sempat menghebohkan banyak penggemar Tanah Air karena namanya yang identik dengan megabintang dunia asal Argentina, Lionel Messi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya