Deret Rekor Impresif Pelatih Khusus Striker Timnas Indonesia Yeom Ki-hun Saat Jadi Pemain

Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Yeom Ki-hun
Sumber :
  • Sportal Korea

Jakarta, VIVA – Timnas Indonesia akan kedatangan pelatih khusus striker jelang babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Yeom Ki hun. Dia nantinya akan menjadi asisten pelatih Shin Tae yong di Timnas Indonesia khusus menangani kualitas striker.

Fans Timnas Indonesia Serang Tempat Menginap Timnas Australia Pakai Petasan, Netizen: SDM Rendah

Sosok yang didatangkan Shin tersebut nyatanya bukan orang sembarangan. Media asing, ASEAN Express, membeberkan deret rekor Yeom Ki-hun saat masih aktif sebagai pemain profesional.

Pelatih Striker Timnas Indonesia, Yeom Ki-hun

Photo :
  • Chosun
Maarten Paes Mengerikan, Timnas Indonesia Dikepung Australia di Babak Pertama

Berperan sebagai striker, pria yang saat ini berusia 41 tahun itu punya catatan impresif. Yeom sendiri diketahui bisa bermain di tiga posisi berbeda mulai dari winger kiri, winger kanan, maupun striker utama.

Masih melansir dari sumber yang sama, Yeom Ki-hun pernah menjadi pemain Liga Korea Selatan (K League) pertama yang mampu mencapai 100 assist. Dia juga masih menjadi pemegang rekor assist terbanyak hingga saat ini dengan koleksi 110 di K League.

SUGBK Berubah Merah, Nama Shin Tae-yong Bergema

Yeom dikenal sebagai pemain yang punya tendangan akurasi tinggi. Hal ini terbukti ketika dia dinobatkan sebagai eksekutor tendangan bebas terbanyak yang berbuah gol. Tercatat sudah ada 17 gol yang dia cetak lewat bola mati.

Pelatih Striker Timnas Indonesia, Yeom Ki-hun

Photo :
  • Instagram/Yeom Ki-hun

Sebagai winger, Yeom turut produktif sebagai penyumbang assist. Dia pernah mencatatkan dua kali hattrick assist selama berkarier sebagai pemain profesional. Catatan itu pun menjadi yang terbanyak di K League.

Tidak hanya itu, Yeom Ki-hun menjadi pemain pertama yang menyandang dua kali gelar Most Valuable Player (MVP) di Piala FA Korea Selatan pada 2010 dan 2016. Dia juga menjadi top skor Piala FA Korea Selatan 2019 saat membela Suwon Samsung Bluewings dengan total lima gol.

Di klubnya tersebut, Yeom Ki-hun turut menjadi pemain yang dipercaya sebagai kapten terbanyak selama tujuh musim. Dia juga menjadi pemain pertama Suwon yang menjabat sebagai kapten dalam empat tahun beruntun sejak 2014-2017. 

Melihat deretan rekor yang dicapai oleh Yeom Ki-hun tersebut pun kian menambah optimistis bagi Timnas Indonesia. Kehadirannya pun diharapkan bisa memberikan efek nyata dalam performa para striker Tim Merah Putih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya