Media Asing Heran Timnas Indonesia Turunkan U-23 di Piala AFF 2024

Pemain Timnas Indonesia U-23
Sumber :
  • ANTARA/HO-PSSI

Jakarta, VIVA – Media asing asal Vietnam, Bongda24 tampak heran dengan rencana Timnas Indonesia menurunkan skuad U-23 di Piala AFF 2024.

Terpopuler: Happy Asmara Ganti Nama, serta Adik Ayu Ting Ting Ungkap Kesedihan

Kabar terkait diturunkannya Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF disampaikan oleh Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji.

Keputusan itu diambil agar Timnas Indonesia level senior dapat fokus melakoni putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dulu Jadi Kiper Viral Tepis 3 Tendangan Beruntun di Eropa, Sekarang Jadi Kiper Timnas Indonesia

TImnas Indonesia U-23

Photo :
  • Situs Resmi PSSI

Meski terkejut mengetahui kabar tersebut, Bongda24 menganggap situasi ini dapat menguntungkan Vietnam sekaligus membuka peluang anak-anak asuh Kim Sang-sik meraih juara.

Kata Shin Tae-yong soal Rangking FIFA Timnas Indonesia dan Australia Bagai Bumi dan Langit

“PSSI memutuskan menurunkan tim U-23 yang memenangi SEA Games 2023 untuk turun di Piala AFF 2024, turnamen di mana mereka satu grup dengan Vietnam,” tulis mereka dikutip Senin 5 Agustus 2024.

“Jika Indonesia tidak mengirim tim terkuat untuk berpartisipasi, ini jadi kesempatan emas buat pelatih Kim Sang-sik dan timnya (Timnas Vietnam) untuk menjadi juara grup,” sambung mereka.

Mereka menganggap keputusan ini cukup masuk akal mengingat padatnya jadwal Timnas Indonesia senior di akhir tahun 2024.

“Untuk Piala AFF 2024 adalah yang akan main di SEA Games (2025). Jadi yang akan dipakai untuk AFF adalah tim yang bermain di SEA Games 2023, berarti U-23," ujar Sumardji di acara Apresiasi timnas Indonesia U-19, Jakarta beberapa hari lalu.

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji

Photo :
  • PSSI

Menurut Sumardji, starter yang akan diturunkan di Piala AFF 2024 tergantung izin dari klub masing-masing. Sebab kejuaraan itu tidak masuk agenda resmi FIFA.

“Kalau klubnya mengizinkan (dipanggil), kalau tidak ya tidak (dipanggil),” ungkapnya.

Shin Tae-yong dipastikan akan mendampingi pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF 2024 serta SEA Games 2025.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya