PSSI Sudah Putuskan Pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2024, Shin Tae-yong atau Indra Sjafri?

Indra Sjafri bersama Shin Tae-yong
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Timnas Indonesia akan menjalani agenda padat pada akhir tahun 2024 ini. Skuad Garuda bakal berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala AFF 2024.

Dugaan Paspor Ganda Pemain Timnas Indonesia, Yunus Nusi: Berhentilah Bahas Isu Murahan Ini

Indonesia memulai perjuangan di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Arab Saudi pada 6 September 2024. 

Empat hari berselang, mereka akan menjamu Australia pada 10 September 2024. Setelah itu, Pasukan Merah Putih kembali bertanding menghadapi Bahrain pada 10 Oktober dan bersua Cina pada 15 Oktober 2024.

Ragnar Oratmangoen Bersaing dengan Minamino dan Son Heung Min

Sementara agenda Piala AFF 2024 dijadwalkan mulai berlangsung pada November. Skuad Garuda akan menghadapi Myanmar pada 24 November, lalu tiga hari berselang bertarung melawan Laos pada 27 November 2024.

Padatnya jadwal membuat muncul pertanyaan siapakah pelatih yang akan memimpin dan siapakah pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2024 ini.

Momen Timnas Indonesia Dihancurkan Bahrain 10-0

Muncul rumor bahwa Timnas Indonesia di Piala AFF akan dipegang oleh Indra Sjafri atau Nova Arianto. Pasalnya, kedua pelatih ini sekarang menangani skuad Garuda kategori usia U-16, dan U-19

Terkait hal itu, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji memastikan Shin Tae-yong akan memimpin skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2024.

Kemudian, Sumardji mengatakan, Timnas Indonesia di Piala AFF 2024 akan diisi oleh pemain-pemain U-23.

"Kalau senior ini sudah disepakati dan kemarin sesuai arahan Pak Ketua Umum PSSI (Erick Thohir) saat rapat," kata Sumardji.

"Itu beliau menyampaikan dan sudah sepakat dengan coach STY bahwa yang akan dipakai untuk AFF adalah tim yang bermain di SEA Games 2023," ujar Sumardji.

Dengan menggunakan personel SEA Games 2023, para pemain yang membela Timnas Indonesia senior dapat fokus ke Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Diharapkan, hal itu membantu konsentrasi para pemain Timnas Indonesia senior seperti Thom Haye dan kawan-kawan untuk memasang target prestisius, yakni lolos Piala Dunia 2026.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya