Akhirnya, PSSI Ungkap Kejelasan soal Maarten Paes

Kiper Dallas FC (klub Amerika Serikat MLS) Maarten Paes
Sumber :
  • X: @idextratime

VIVA – PSSI akhirnya mengungkapkan tanggal pasti soal nasib Maarten Paes apakah bisa memperkuat Timnas Indonesia atau tidak. Hal itu diungkapkan oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Kata Hodak soal Performa Timnas Indonesia dan Gacornya Maarten Paes

Maarten Paes belum juga bisa memperkuat Timnas Indonesia. Padahal, dia sudah resmi menjadi WNI pada akhir April 2024 lalu.

Masalahnya, kiper FC Dallas itu terganjal Statuta FIFA Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga. 

Erick Thohir Soroti Kehebatan Maarten Paes: Dibutuhkan Lawan Ranking FIFA 50-an

Ini karena sang pemain pernah membela timnas Belanda U-21 saat berusia 22 tahun. Tak puas dengan keputusan FIFA, PSSI membanding putusan tersebut. 

Yunus Nusi mengatakan, pengajuan banding telah dilayangkan dan akan disidangkan pada 15 Agustus mendatang.

Erick Thohir Cek Kondisi Rumput Stadion GBK: Nanti Kita Improve Sedikit

Kemudian, FIFA akan mengumumkan status Maarten Paes apakah bisa membela Timnas Indonesia atau tidak pada 18 Agustus 2024.

"Tanggal 15 Agustus sidang. Tanggal 18 pengumuman. Insya Allah kita akan berusaha memenangkan itu," kata Yunus di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu 31 Juli 2024.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali menambahkan ada proses yang sedang dijalani di FIFA. Amali yakin FIFA akan merestui perpindahan asosiasi Paes dari KNVB ke PSSI.

Timnas Indonesia membutuhkan Paes untuk berlaga di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pada babak ini, Indonesia akan menghadapi Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.  

Timnas Indonesia setidaknya harus menduduki posisi keempat agar bisa memiliki kans melangkah ke Piala Dunia yang akan diselenggarakan dua tahun lagi.
 

 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya