Kata Erick Thohir soal Nasib Maarten Paes Bisa Bela Timnas Indonesia

Maarten Paes
Sumber :
  • AP Photo/LM Otero

VIVA – Nasib Maarten Paes bisa memperkuat Timnas Indonesia atau tidak masih belum terjawab. Hal itu diketahui dari pernyataan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Respon Vietnam Lihat DPR RI Janji Kebut Proses Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Maarten Paes belum juga bisa memperkuat Timnas Indonesia. Padahal, dia sudah resmi menjadi WNI pada akhir April 2024 lalu. 

Masalahnya, kiper FC Dallas itu terganjal Statuta FIFA Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga. 

Erick Thohir: Timnas Indonesia Carter Pesawat Agar Tak Kelelahan

"Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya saat ini, ia belum menginjak usia 21 tahun," bunyi Statuta FIFA Pasal ke-9. 

Paes pernah enam kali bermain untuk Timnas Belanda U-21, dan penampilan terakhirnya terjadi dalam usia 22 tahun ketika melawan Timnas Belarusia dalam Kualifikasi Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

Fakta Menarik, Ayah Sandy Walsh Adalah Seorang Pelatih

Terkait hal itu, Erick Thohir menyampaikan kabar terkini soal kiper FC Dallas itu. Dia menyebut, PSSI masih menunggu proses yang tengah dijalani pemain kelahiran Belanda tersebut.

"Maarten Paes ya kita tunggu CAS kan? Kan prosesnya di CAS. Ada sidang, ya kita tunggu," ucap Erick.

"Saya bukan hakimnya, saya bukan lawyer-nya, saya juga enggak wakilin FIFA, ya kita tunggu proses pembicaraan FIFA dengan tim lawyer yang nanti mungkin ada di CAS. Ada sidangnya," sambungnya.

Timnas Indonesia membutuhkan Paes untuk berlaga di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pada babak ini, Indonesia akan menghadapi Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. 

Timnas Indonesia setidaknya harus menduduki posisi keempat agar bisa memiliki kans melangkah ke Piala Dunia yang akan diselenggarakan dua tahun lagi.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya