Penghancur Timnas Indonesia Merana di Olimpiade 2024

Pemain Timnas Guinea di Olimpiade 2024
Sumber :
  • AP Photo/Silvia Izquierdo

VIVA – Bagaimana nasib Guinea, tim yang mengalahkan Timnas Indonesia U-23 di playoff Olimpiade 2024 lalu?

Respon Vietnam Lihat DPR RI Janji Kebut Proses Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Pada Rabu dini hari WIB, 31 Juli 2024, Gueinea menghadapi Amerika Serikat di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne. Hasilnya, Ilaix Moriba dkk. menyerah dengan skor telak 0-3.

Amerika Serikat sudah membuka keunggulan pada menit ke-14 lewat aksi Djordje Mihailovic. Kevin Paredes mencetak gol pada menit ke-31 untuk membuat Amerika Serikat unggul 2-0.

Erick Thohir: Timnas Indonesia Carter Pesawat Agar Tak Kelelahan

Di babak kedua, Amerika masih mendominasi. Paredes mencetak gol keduanya di menit ke-75 untuk melengkapi kemenangan timnya menjadi 3-0.

Ini jadi kekalahan ketiga dalam tiga pertandingan yang dijalani Guinea. Sebelumnya, pada laga pertama, Guinea harus mengakui keunggulan Selandia Baru dengan skor tipis 1-2. Gol Amadou Diawara gagal menolong Guinea dari kekalahan.

Fakta Menarik, Ayah Sandy Walsh Adalah Seorang Pelatih

Di laga kedua, Guinea harus menghadapi Prancis selaku tuan rumah. Guinea pun sempat merepotkan Prancis sebelum akhirnya kebobolan lewat gol Kiliann Eric Sildilla di menit ke-75.

Dengan kekalahan 0-3 dari Amerika Serikat di laga ketiga, Guinea pun mengakhiri Olimpiade 2024 sebagai juru kunci Grup A. Guinea tak mampu meraih poin, sekali mencetak gol, dan enam kali kebobolan.

Guinea sebelumnya lolos ke Olimpiade 2024 setelah menyingkirkan Timnas Indonesia di babak playoff dengan kemenangan 1-0.

Kemenangan tersebut bisa dibilang kontroversial, terutama dari sudut Indonesia. Sebab, tim racikan Shin Tae-yong dapat hukuman dua penalti. Shin Tae-yong juga dapat kartu merah karena protes kerasnya.

Salah satu penalti untuk Guinea mengundang kecaman karena dari tayangan ulang, terlihat bahwa pelanggaran sebenarnya terjadi di luar kotak penalti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya