4 Gelar Juara Indra Sjafri Bersama Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri rayakan juara Piala AFF U-19
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Surabaya, VIVA – Indra Sjafri kembali menorehkan sejarah bersama Timnas Indonesia. Kali ini dia berhasil membawa Timnas Indonesia U-19 juara di Piala AFF U-19 2024.

Bak Spiderman, Refleks Kilat Maarten Paes Vs Kiper Robot Curi Perhatian

Skuad Garuda muda menang tipis atas Timnas Thailand U-19 dengan skor 1-0. Pertemuan itu berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada Senin 29 Juli 2024 malam WIB.

Pemain Timnas Indonesia U-19 Jens Raven dan pelatih Indra Sjafri

Photo :
  • ANTARA/Zaro Ezza Syachniar
Ragnar Oratmangoen Bicara Tentang Nabi Muhammad SAW

Gol tunggal pemain keturunan Indonesia, Jens Raven, menjadi penentu kemenangan tersebut. Gelar itu bukan kali pertama didapat oleh Indra Sjafri bersama Timnas Indonesia U-19.

Pasalnya, pria paruh baya itu sudah mengoleksi empat gelar juara dengan Skuad Garuda kelompok umur. Sebelumnya, Indra Sjafri juga pernah membawa Timnas Indonesia U-19 juara di Piala AFF U-19 2013.

Klasemen Serie A: Napoli Depak Inter Milan di Puncak, Klubnya Jay Idzes Juru Kunci

Saat itu Tim Merah Putih diperkuat oleh rombongan yang Evan Dimas dan kolega. Timnas Indonesia U-19 sukses menghajar Vietnam U-19 di final dengan skor 7-6 lewat adu penalti setelah sebelumnya imbang kacamata.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri

Photo :
  • PSSI

Selain itu, prestasi Indra Sjafri juga terukir bersama Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2019. Saat itu, Skuad Garuda muda berhadapan melawan Timnas Thailand U-23 di partai puncak.

Timnas Indonesia U-23 yang diperkuat oleh Asnawi Mangkualam, Osvaldo Haay, Sani Riski, dan kolega berhasil menang comeback dengan skor 2-1. Sani Riski sukses menyamakan kedudukan di menit ke-59 setelah kebobolan lebih dulu dua menit sebelumnya. Gol kemenangan pun dicetak oleh Osvaldo pada menit ke-64.  

Adapun gelar juara keempat yang disumbang Indra Sjafri lainnya terjadi di SEA Games 2023. Ketika itu dia berhasil membawa Timnas Indonesia U-22 melangkah ke final dan berjumpa lagi dengan Timnas Thailand di kelompok umur yang sama.

Pada momen itu, Skuad Garuda muda menang dramatis 5-2. Dua gol diciptakan oleh Ramadhan Sananta di menit ke-20 dan 45+3. Kemudian tiga gol lainnya dicetak oleh Irfan Jauhari, Fajar Fathurrahman, dan Beckham Putra, di babak extra time. 

Berikut 4 gelar Indra Sjafri bersama Timnas Indonesia: 

  1. Piala AFF U-19 2013
  2. Piala AFF U-23 2019
  3. SEA Games 2023
  4. Piala AFF U-19 2024
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya