Maarten Paes Yakin Bisa Bantu Timnas Indonesia di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kiper Dallas FC, Maarten Paes
Sumber :
  • Instagram: maartenpaes

VIVA – Kiper keturunan Indonesia, Maarten Paes, yakin dirinya bisa membantu Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Penjaga gawang milik klub Amerika Serikat (AS), FC Dallas, itu pun percaya dirinya bisa memaksimalkan peran di ajang akbar tersebut.

Bangganya Calvin Verdonk Bela Timnas Indonesia

Dia juga tidak sabar ingin segera berseragam Timnas Indonesia usai disumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) akhir April 2024 lalu. Maarten bahkan membayangkan jika tampil bersama Skuad Garuda, maka itu akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri. 

Kiper FC Dallas, Maarten Paes

Photo :
  • AP Photo/Mark J. Terrill
Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Sudah Gabung Latihan Timnas Indonesia

“Dengan Piala Dunia yang akan datang di sini dan babak kualifikasi, saya yakin saya dapat memainkan peran besar dalam hal itu,” ungkap Maarten dalam laporan MLS Soccer, dipetik Jumat 26 Juli 2024.

“Bagaimana jika saya akan bermain dalam pertandingan Piala Dunia di Dallas, misalnya, bersama Indonesia? Itu akan menjadi hal yang luar biasa,” lanjutnya.

Kata Mees Hilgers antara Timnas Indonesia dengan Belanda

Kiper FC Dallas, Maarten Paes

Photo :
  • AP Photo/Abbie Parr

Namun hingga saat ini nasib Maarten bermain untuk Timnas Indonesia masih belum jelas. Sebab, kiper berusia 26 tahun itu masih tersangkut regulasi FIFA. Harapannya, Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) bisa segera merampungkan sengketa di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Pasalnya, Maarten Paes sebelumnya sempat memperkuat Timnas Belanda kelompok umur. Oleh karena itu, saat ini Maarten perlu izin perpindahan federasi ke PSSI meski sudah berstatus sebagai WNI agar bisa tampil memperkuat Timnas Indonesia.

Kiprahnya di Amerika Serikat pun telah menjadi sorotan banyak mata penggemar. Dia bahkan masuk dalam tim terbaik di kasta tertinggi Liga Amerika Serikat, Major League Soccer (MLS) pekan ke-15 Mei lalu.

Maarten diharapkan bisa segera memperkuat Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda nantinya akan berhadapan melawan Arab Saudi pada 6 September 2024 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya