Pengakuan Tim Cahill soal Kualitas Timnas Indonesia

Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Legenda Timnas Asutralia, Tim Cahill memberikan pujian kepada perkembangan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Cerita Mees Hilgers Pernah Di-unfollow Shin Tae-yong Karena Tidak Follback Instagram

Pencapaian Skuad selama diasuh oleh Shin Tae-yong mendapatkan perhatian dari legenda Timnas Australia, Tim Cahill. Timnas Indonesia jadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Berdasarkan hasil undian di Kuala Lumpur, Malaysia, Timnas Indonesia tergabung di Grup C. Tim asuhan Shin Tae-yong bakal bertarung melawan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Erick Thohir Cek Kondisi Rumput Stadion GBK: Nanti Kita Improve Sedikit

Selain itu,  Timnas Indonesia menempati peringkat 133 atau semakin dekat dengan 100 besar.  Padahal saat Shin Tae-yong bergabung 4 tahun lalu Timnas Indonesia berada di peringkat 151. 

“Mereka harus bangga karena perkembangan sepak bola di Indonesia terutama dengan performa yang ditampilkan di Piala Asia U-23," kata Tim Cahill kepada Harimau Malaya.

Mees Hilgers Punya Marga Tombeng dari Manado, Ini Maknanya!

“Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam memimpin (sepak bola) di Indonesia,” tambahnya.   

Selain soal kepimimpinan Erick Thohir dan kepiawaian Shin Tae-yong dalam meramu pemain, Tim Cahill juga menyoroti kualitas Liga Indonesia yang berhasil melahirkan banyak pemain muda berkualitas. 

Belum lagi basis penggemar yang besar membuat Timnas Indonesia selalu mendapat dukungan dimana pun bertanding.  

“Liga adalah poin yang sangat bagus karena memiliki penggemar yang bersemangat dan pemain muda yang bagus,” ungkap Tim Cahill.  

Mantan pemain Everton ini juga melihat semakin banyak pemain muda Indonesia yang berkarier di luar negeri.  

"Tidak hanya bermain di liga, tetapi juga di luar negeri. Saya berharap yang  terbaik untuk semua tim, ini akan menjadi perjalanan yang panjang bagi kita semua," ucapnya.  

Di sisi lain, Tim Cahill yang kini menjabat sebagai direktur teknik Timnas Qatar itu berpendapat setiap tim yang berlaga di putaran ketiga kualifikasi ini akan menghadapi jalan berliku.  
 
“Saya pikir ini menarik bagi banyak tim Asia karena ada lebih banyak kesempatan. Melihat tiga grup ini, sangat sangat sulit,” ujarnya. 

"Namun legenda Australia itu menilai hal ini wajar mengingat pintu Piala Dunia semakin dekat. “Tetapi ini adalah hal terbaik tentang kualifikasi Piala Dunia, Anda harus bermain melawan yang terbaik sehingga bisa berada di tahap akhir,” tutup Tim Cahill. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya