Malaysia Soroti Rencana Khusus Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

Jeong Seok-seo atau Jeje dan Shin Tae-yong
Sumber :
  • Instagram/Jeong Seok-seo

Jakarta – Rencana pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae yong, dalam mempersiapkan pasukannya di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 rupanya mengundang perhatian negara tetangga, Malaysia. Hal ini menjadi pembahasan menarik bagi mereka mengingat Timnas Indonesia juga menjadi wakil tunggal Asia Tenggara di tahap tersebut.

Bangganya Calvin Verdonk Bela Timnas Indonesia

Media Malaysia, Makan Bola, turut menaruh perhatian pada rencana Shin dengan Skuad Garuda. Terlebih saat ini Timnas Indonesia masuk di grup neraka babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Shin Tae-yong Jadi Nama Lapangan Sepak Bola di Yeongdeok, Korea Selatan

Photo :
  • Instagram/Yoo Jae-hoon
Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Sudah Gabung Latihan Timnas Indonesia

“Shin Tae-yong punya target khusus untuk membuka pintu Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026 kendati berada di grup neraka pada babak kualifikasi,” tulis Makan Bola, Sabtu 20 Juli 2024.

Baru-baru ini kondisi Shin Tae-yong juga diketahui sudah membaik setelah sebelumnya menjalani operasi selama enam jam. Ya, pria berusia 53 tahun itu didiagnosa terserang penyakit pleuritis setiba di negaranya, Korea Selatan.

Kata Mees Hilgers antara Timnas Indonesia dengan Belanda

Kini Shin sudah kembali menjalani aktivitasnya dan menghadiri beberapa agenda undangan. Terbaru, Shin juga diundang dalam wawancara kanal Youtube Lee Gyeong-gyu. Di sana dia berbicara banyak hal tentang kariernya sebagai pelatih Timnas Indonesia.

shin tae-yong

Photo :
  • Instagram

Salah satunya mengenai persiapan dan rencanan khususnya membawa Skuad Garuda lolos ke Piala Dunia 2026. Sebagai tim dengan peringkat terlemah di Grup C, Shin mencoba realistis. Dia sadar Timnas Indonesia masih sulit untuk langsung lolos sebagai juara atau runner up grup melawan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

“Menurut saya tidak masalah (di grup neraka) karena kami tidak menargetkan posisi 1 atau 2. Kami lebih baik melawan tim yang lebih kuat seperti peringkat 1 atau 2. Jika ada situasi saling mengalahkan, maka itu akan bagus,” ujarnya dalam wawancara tersebut yang tayang pada Kamis 18 Juli 2024.

Oleh karena itu, targetnya adalah membawa Timnas Indonesia lolos dengan finis di peringkat tiga atau empat Grup C. Melalui cara ini, Skuad Garuda masih bisa bersaing di babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Jujur di grup kami, Jepang dan Australia punya peluang tertinggi untuk lolos. Target saya adalah finis peringkat 3 atau 4. Lebih bagus jika kami mendapat (dua) tiket langsung. Jika tidak, kami akan bermain di Playoff,” lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya