Deret Pemain Termahal Liga 1 2024-2025: Marc Klok Bertahta, Rizky Ridho Meroket

Marc Klok
Sumber :
  • PERSIB.co.id/Sutanto Nurhadi Permana

VIVA – Deret pemain termahal Liga 1 2024-2025 menjadi pembahasan menarik di pergantian musim saat ini. Ternyata ada dua pemain Timnas Indonesia yang masuk dalam deret lima besar dengan nominal pasar tertinggi.

Bangganya Calvin Verdonk Bela Timnas Indonesia

Selebihnya, daftar pemain termahal di Liga 1 2024-2025 banyak diisi oleh penggawa asing bahkan hingga peringkat 20 besar menurut data Transfermarkt, dipetik Minggu 21 Juli 2024.

Adapun pemain termahal Liga 1 saat ini menyentuh harga hingga 450 ribu euro (sekitar Rp7,9 miliar).

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Sudah Gabung Latihan Timnas Indonesia

Bek Persija Jakarta Rizky Ridho rayakan gol

Photo :
  • twitter.com/Persija_Jkt

Pemain-pemain yang punya nilai pasar tersebut tidak lain salah satunya adalah penggawa Timnas Indonesia, Marc Klok. Nominal angka tersebut telah dipegang gelandang berusia 31 tahun itu sejak musim lalu dan bertahan hingga saat ini.

Kata Mees Hilgers antara Timnas Indonesia dengan Belanda

Selain dirinya, beberapa pemain yang juga memiliki nilai pasar yang sama adalah penggawa asing PSBS Biak, Jonata Machado, dan gelandang asing Dewa United, Jaja Hugo Gomez. Machado baru didatangkan pada awal Juli ini dari klub Bolivia, Wilstermann.

Gelandang berpaspor Brasil ini sebelumnya juga sempat berkiprah di negaranya bersama klub Flamengo-PE sejak 2022 lalu. Sementara itu, Jaja sendiri merupakan pemain asing yang bergabung dengan Dewa United pada 10 Juli 2024.

Gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok

Photo :
  • PSSI

Pemain yang juga berasal dari Brasil satu ini sejatinya bukan wajah baru di Indonesia. Sebab, sebelumnya dia merupakan penggawa milik Madura United yang resmi direkrut pada Maret 2021.

Marc Klok, Jonata Machado, dan Jaja Hugo Gomez menjadi tiga pemain termahal di Liga 1 saat ini. Setelah mereka, nominal pemain termahal kedua di kompetisi bergengsi Tanah Air itu jatuh kepada bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho.

Pemain milik Persija Jakarta itu sekarang dibanderol senilai 425 ribu euro (Rp7,5 miliar). Selain Ridho, ada juga gelandang asing Persebaya Surabaya, Francisco Rivera, yang punya nilai setara.

Berikutnya nominal harga pasar tertinggi ketiga di Liga 1 2024-2025 sebesar 400 ribu euro (Rp7 miliar). Nilai tersebut dimiliki oleh jebolan Akademi Manchester United, Charlie Scott, dan penggawa asing milik PSIS Semarang, Ruxi, serta kiper Dewa United asal Belanda, Sonny Stevens.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya