Timnas Indonesia Punya Striker Lebih Tajam dari Ronaldo dan Harry Kane

Legenda Timnas Indonesia, Abdul Kadir (kanan)
Sumber :
  • wikipedia

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae yong sempat mengeluhkan kualitas penyerang Skuad Garuda. Itu terjadi saat Indonesia meneku Filipina 2-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 11 Juni 2024 lalu.

Bangganya Calvin Verdonk Bela Timnas Indonesia

Lini depan Timnas Indonesia sebelumnya juga disorot Shin Tae-yong  karena gagal menciptakan gol pada laga melawan Irak.

Padahal dalam laga yang berakhir 2-0 untuk keunggulan Irak itu, Indonesia mendapatkan beberapa peluang emas yang seharusnya menjadi gol.   

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Sudah Gabung Latihan Timnas Indonesia

Mandulnya lini depan di dua pertandingan terakhir Timnas Indonesia membuat Shin Tae-yong benar-benar kecewa."

Jujur saya tidak bisa memberi nilai baik kepada lini depan," ujar Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers usai pertandingan.

Kata Mees Hilgers antara Timnas Indonesia dengan Belanda

Pernah Punya Striker Tajam
Bicara mengenai striker, ternyata Timnas Indonesia pernah memiliki striker tajam. Dia adalah Abdul Kadir yang aktif membela Indonesia pada 1967 hingga 1979.

Abdul Kadir sukses mencetak 70 gol dari 111 pertandingan bersama Indonesia. Dari laga tersebut, pemain berjuluk Si Kancil ini membawa Skuad Garuda meraih 57 kemenangan, 14 hasil imbang dan 40 kali kekalahan.

Catatan tersebut membuat Abdul Kadir menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Timnas Indonesia. Pemain kelahiran Denpasar ini bahkan menempati posisi ke-22 dalam daftar pencetak gol internasional.

70 gol yang dicetak Abdul Kadir sejajar dengan Piyapong Pue-on (Thailand) dan Stern John (Trinidad and Tobago).

Striker Timnas Inggris, Harry Kane gagal juara EURO 2024

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernandez

Abdul Kadir bahkan masih lebih baik dari dua bomber papan atas dunia, Luis Suarez dan Harry Kane.

Luis Suarez mencetak 69 gol dari 142 pertandingan bersama Timnas Uruguay. Sedangkan Harry Kane mencetak 66 gol dari 98 pertandingan bersama Timnas Inggris.

Catatan gol Abdul Kadir juga masih lebih baik dari Didier Drogba (Pantai Gading) dan Edin Dzeko (Bosnia-Herzegovina). Dua pemain ini masing-masing mencetak 65 gol untuk negaranya.

Legenda Timnas Brasil, Ronaldo

Photo :
  • AP Photo/Dusan Vranic, File

Pemain bintang lain yang masih di bawah Abdul Kadir adalah Ronaldo (Brasil) dan Zlatan Ibrahimovic (Swedia). Mereka sama-sama mencetak 62 gol untuk negaranya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya