Menuju 100 Besar Ranking FIFA, Berapa Poin Lagi untuk Timnas Indonesia?

Ragnar Oratmangoen, Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta – Hasil Ranking FIFA sudah kembali diperbarui per Juli 2024 ini. Timnas Indonesia naik satu tingkat ke urutan 133 dunia dalam rilis resmi per Kamis 18 Juli 2024 dengan koleksi poin 1.108,73.

Lawan Timnas Indonesia, Menteri Olahraga Arab Saudi Turun Tangan

Impian untuk menuju 100 besar Ranking FIFA bagi Timnas Indonesia bukan hal yang mustahil. Namun tim asuhan Shin Tae yong itu sejatinya harus terus bekerja keras agar bisa mencapai cita-cita tersebut.

Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Jangan Risau Strategi Kotor Arab Saudi, Shin Tae-yong Sudah Punya Penangkal

Timnas Indonesia setidaknya butuh sekitar 110,71 poin lagi untuk bisa duduk di urutan 100 besar. Hitungan ini mengacu pada poin yang dimiliki Timnas Trinidad and Tobago di ranking 100 FIFA dengan total 1.219,44 poin.

Peluang itu masih terbuka lebar. Terlebih Timnas Indonesia saat ini punya kesempatan banyak mengais poin melimpah di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebab mereka akan menghadapi lawan-lawan kuat yang punya ranking jauh di atas Tim Merah Putih.

Pengakuan Indra Sjafri Usai Timnas Indonesia U-20 Dikalahkan Korea Selatan

Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi Marselino Ferdinan dan kolega. Mengingat secara hitung-hitungan menurut Football Ranking, tim dengan peringkat terlemah bakal diganjar poin lebih besar.

Jay Idzes, Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Melawan Timnas Arab Saudi misalnya. Timnas Indonesia sejatinya bakal kebanjiran poin meski kalah sekalipun. Namun syaratnya kekalahan yang diterima Timnas Indonesia itu harus lewat adu penalti. Menurut data Football Ranking, Tim Merah Putih akan tetap diganjar poin tambahan sebesar 6,88 andai kalah vs Arab Saudi hingga babak penalti.

Sayangnya, hal tersebut tak mungkin terjadi. Sebab, tak ada adu penalti di babak kualifikasi Piala Dunia babak ketiga itu. Meski demikian, setidaknya Tim Merah Putih harus bermain imbang karena jumlah poin yang didapat juga senilai.

Di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sendiri Timnas Indonesia masuk di Grup C melawan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. Tim Merah Putih pun masih punya kesempatan lolos lewat babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 jika berhasil duduk di posisi tiga atau empat klasemen. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya