ASEAN Cup U-19: Suporter Boleh Bawa Kendaraan Pribadi atau Pakai Shuttle Bus

Shuttle bus di ASEAN Cup U-19 2024
Sumber :
  • VIVA/Zainal Azkhari

Surabaya – Mekanisme pelaksanaan pertandingan ASEAN Cup U-19 atau Piala AFF U-19 lebih longgar dari gelaran Piala Dunia U-17 lalu.

Bangganya Calvin Verdonk Bela Timnas Indonesia

Suporter di ASEAN Cup U-19 nanti di Stadion Gelora Bung Tomo maupun Stadion Gelora 10 November Surabaya boleh pakai kendaraan pribadi baik motor atau mobil. Bisa juga naik shuttle bus untuk ke venue.

Pada gelaran ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya minim menyiapkan shuttle bus, tidak seperti Piala Dunia U-17 yang berjumlah ratusan unit.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Sudah Gabung Latihan Timnas Indonesia

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, shuttle bus tidak lagi mengangkut penonton dari sejumlah kantong di tengah kota, hanya dari parkiran bus menuju pintu Stadion GBT.

“Dengan pertimbangan keamanan, yang masuk bisa dengan mobil pribadi karena parkir cukup, motor juga. Shuttle bus menuju parkiran bus dari pintu stadion (atau sebaliknya) untuk kenyamanan penonton (rombongan),” katanya usai meninjau kesiapan Stadion GBT.

Kata Mees Hilgers antara Timnas Indonesia dengan Belanda

Shuttle bus di ASEAN Cup U-19 2024

Photo :
  • VIVA/Zainal Azkhari

Terkait mekanisme penjemputan baru akan dibahas siang nanti bersama Polda Jatim, sebelum perwakilan FIFA dijadwalkan untuk mengecek kesiapan besok.

Tundjung Iswandaru Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya menambahkan, rencananya hanya ada enam unit shuttle yang memakai bus sekolah berukuran kecil di Stadion GBT. Sementara di G10N, tidak disediakan.

“Kecil biar muternya gampang. Di G10N nggak karena dekat,” katanya.

Perbedaan skema itu kata Tundjung karena saat Piala Dunia lalu, FIFA mewajibkan adanya shuttle bus untuk transportasi penonton.

Shuttle bus di Stadion GBT nanti, lanjutnya, hanya mempercepat penonton rombongan bus ke pintu masuk stadion.

Diketahui, saat Piala Dunia U-17 lalu di Stadion GBT, puluhan ribu penonton wajib menaiki shuttle dari sejumlah kantong parkir di Kota Surabaya. Mereka dilarang membawa kendaraan pribadi ke stadion.

“Parkiran bus di akses masuk dekat tol dan belakang lapangan A, B, C, parkiran mobil depan lapangannya, kalau motor di sirkuit,” tandasnya.

Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A ASEAN Cup U-19 2024 bersama Timor Leste, Kamboja, dan Filipina.   

Tim besutan Indra Sjafri akan melakoni laga perdana melawan Filipina pada Rabu (17/7), lalu Kamboja pada Sabtu (20/7), dan terakhir melawan Timor Leste pada Selasa (23/7) di mana semuanya akan dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Laporan: Zainal Azkhari, tvOne Surabaya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya