Timnas Malaysia Ditinggal Kim Pan-gon, Tim Staf Kepelatihan Dipertanyakan

Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon
Sumber :
  • Facebook FAMalaysiaOfficial

Malaysia – Timnas Malaysia ditinggal sang pelatih kepala, Kim Pan-gon, menurut laporan Makan Bola. Tim staf kepelatihan Skuad Harimau Malaya-julukan Malaysia- pun kini dipertanyakan.

Mees Hilgers Ungkap Kabar Baik untuk Timnas Indonesia

Sebab juru taktik asal Korea Selatan itu disebut pergi seorang diri. Sementara staf-staf kepelatihan yang dibawanya dikabarkan masih menetap memperkuat Timnas Malaysia.

Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon

Photo :
  • FAM
Timnas Indonesia Catatkan Fakta Mengejutkan di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hal ini yang kemudian menjadi sorotan dari banyak pencinta sepak bola Negeri Jiran. Kekuatan Timnas Malaysia tampaknya dalam kebimbangan.

"Di fahamkan hanya Kim Pan-gon sahaja akan meninggalkan skuad kebangsaan. Pau Marti bersama staff sokongan yang lain kekal di Kelana Jaya," tulis jurnalis Media Malaysia, Fina Nasrom, lewat sosial medianya, Selasa 16 Juli 2024.

Bertemu Presiden Laos, Prabowo Kenalkan Diri sebagai Calon Presiden Terpilih RI

"Persoalannya. Sampai bila mereka akan kekal di Malaysia tanpa KPG (Kim Pan-gon)?" Tutupnya.

Pemain Timnas Malaysia, Faisal Halim

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Sebagaimana diketahui, Kim Pan-gon telah bergabung dengan Timnas Malaysia sejak Januari 2022 lalu. Sejatinya kontrak pria berusia 55 tahun itu di Skuad Harimau Malaya masih ada hingga 2025 mendatang menurut data Transfermarkt.

Namun sejauh ini belum diketahui alasan Kim angkat kaki dari Malaysia. Mengingat saat ini Timnas Malaysia juga akan menghadapi beberapa turnamen.

Terlepas dari itu, selama menukangi Skuad Harimau Malaya, Kim telah membawa 20 kemenangan dari 35 laga yang dijalani. Sementara 10 sisanya berupa kekalahan dan lima laga imbang.

Kondisi Timnas Malaysia saat ini tampak berbeda dengan negara tetangga, Indonesia. Skuad Garuda justru tengah moncer di antara negara Asia Tenggara lainnya.

Buktinya, Timnas Indonesia berhasil menjadi wakil tunggal ASEAN yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Selain itu, tim asuhan Shin Tae-yong tersebut juga mampu lolos ke putaran final Piala Asia 2027 tanpa jalur kualifikasi.

Namun secara peringkat saat ini Timnas Indonesia dengan Timnas Malaysia masih tak jauh berbeda. Mereka hanya berselisih satu tingkat dalam data Football Ranking.

Timnas Indonesia saat ini unggul di urutan ke-134 dunia sementara Malaysia di 135. Potensi Tim Merah Putih untuk melampaui Malaysia pun besar jika berhasil memetik hasil positif di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya