Maarten Paes Bisa Bela Timnas Indonesia di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia

Kiper FC Dallas, Maarten Paes
Sumber :
  • AP Photo/Abbie Parr

Kendal – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo optimis Maarten Paes bisa membela Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Respons Berkelas Cristian Gonzales: Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Kebanyakan, Tapi...

“Kemarin pak Erick Thohir (Ketua Umum PSSI) sampaikan, Insya Allah September Maarten Paes sudah bisa main,” ujar Dito di Kendal, Jawa Tengah dilihat dari YouTube tvOnenews, Selasa, 16 Juli 2024.

Sebagai informasi, timnas Indonesia bakal mengarungi putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia di Grup C bersama Timnas Jepang, Timnas Arab Saudi, Timnas Australia, Timnas Bahrain dan Timnas China.

Kata Cristian Gonzales soal Peluang Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

Putaran ketiga ini akan memainkan sepuluh pertandingan sejak 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025 dengan format kandang dan tandang.

Thom Haye Ungkap Alasan Gabung Almere City, Ternyata...

Timnas Indonesia akan memulai laga dengan bertandang ke Arab Saudi pada 5 September 2024. Setelah lima hari berselang akan menjamu Australia.

Hadirnya Maarten Paes sebagai tembok terakhir pertahanan Timnas Indonesia tentunya cukup penting, mengingat lawan di Grup C didominasi tim langganan Piala Dunia.

Hasil dari putaran ketiga, juara grup dan runner-up akan lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Adapun, untuk peringkat tiga dan keempat grup akan bermain di putaran keempat. Sementara posisi kelima dan keenam bakal tersingkir.

Dito mengaku saat ini PSSI masih terus memperjuangkan Maarten Paes dalam persidangan. Dia pun menegaskan masih terus memantau perkembangannya hingga kini.

“Sedang diurus PSSI, nanti kita akan lihat perkembangannya,” kata Dito.

Kiper FC Dallas, Maarten Paes

Photo :
  • AP Photo/Mark J. Terrill

Maarten Paes belum bisa membela Timnas Indonesia lantaran terbentur aturan FIFA yang menyatakan pemain tidak boleh memperkuat negara lain di usia lebih dari 21 tahun saat ingin pindah asosiasi.

Paes terganjal aturan tersebut sebab ia pernah membela Timnas Belanda U-21 saat usianya sudah menginjak 22 tahun. Oleh sebab itu Paes belum bisa membela Timnas Indonesia meski sudah sah menjadi WNI. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya