Pernah Tolak Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Belanda Ini Resmi Gabung Madura United

Jordy Wehrmann
Sumber :
  • Jordy Wehrmann

Madura – Masih ingat dengan Jordy Wehrmann? Dia adalah pemain keturunan yang sempat menolak Timnas Indonesia.

Cerita Mees Hilgers Pernah Di-unfollow Shin Tae-yong Karena Tidak Follback Instagram

Jordi sempat didekati oleh PSSI atas rekomendasi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae yong untuk menjalani proses naturalisasi guna membela Timnas Indonesia.  

Tapi saat itu, pemain yang pernah memperkuat Belanda U-20 itu menolak dengan dalih ingin fokus ke kariernya dan klubnya terlebih dahulu. 

Erick Thohir Cek Kondisi Rumput Stadion GBK: Nanti Kita Improve Sedikit

Kini, kabar mengejutkan datang. Alih-alih berkarier di Eropa, Jordi resmi bergabung dengan Madura United

"Jordy Wehrmann punya darah Indonesia dari ibunya. Walau di Feyenoord sejak kecil, dia datang ke Madura United untuk merasakan sengitnya bertarung di Liga 1 dan Asia," ucap Direktur Utama PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB), Annisa Zhafarina Qosasi.

Mees Hilgers Punya Marga Tombeng dari Manado, Ini Maknanya!

"Kami sudah lama berkomunikasi dengan Jordi, dan dia sangat semangat untuk segera merapat ke Indonesia. Bahasa Indonesianya pun lumayan lancar," sambungnya.

Sebelum bergabung Madura United, Jordy Wehrmann pernah bermain bersama klub-klub top Eropa seperti Feyenoord, ADO Den Haag, dan tim papan atas Swiss, FC Luzern. 

Jordy Wehrmann mengawali kariernya sebagai pesepak bola di tanah kelahiran, yakni Hague, Belanda. Klub VV SVH menjadi klub pertama yang dijajal Jordy saat usianya masih tujuh tahun.

Kemudian, Jordy melanjutkan kariernya di akademi Feyenoord. Hasilnya, ia berhasil naik kelas dari U-17 ke U-21. Performa gemilangnya bahkan membuat Jordy dipinjamkan ke FC Dordrecht pada 2019 lalu agar dapat menambah jam terbang di level profesional.

Selama berseragam Dordrecht, Jordy berhasil tampil sebanyak 24 kali dengan mencatatkan satu gol dan empat assist.

Torehan tersebut tentu membuat Feyenoord meminjamkannya ke klub papan atas Swiss, FC Luzern pada 2021 lalu.

Ia berhasil menjadi pemain andalan hingga akhirnya dipermanenkan setelah menjalani enam bulan masa pinjaman di Luzern.

Pada 2022, Luzern pun meminjamkannya ke ADO Den Haag hingga 2023 lalu. Ia berhasil tampil apik dengan membukukan dua gol dan satu assist dari 21 penampilannya bersama Ado Den Haag.

Namun masa peminjamannya di ADO Den Haag berakhir, FC Luzern memutuskan melepasnya sehingga Jordy Wehrmann berstatus tanpa klub sejak Juli hingga Oktober 2023.

Beruntung, nasib Jordy diselamatkan oleh tim kasta kedua Kroasia, NK Vukovar 1991. Kini, perjalanan Jordy sampai ke Indonesia dan resmi bergabung ke Madura United untuk Liga 1 2024/2025.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya