Kenapa Piala Presiden 2024 Cuma Diikuti 8 Tim

Piala Presiden 2024
Sumber :
  • Piala Presiden 2024

VIVA – Piala Presiden kembali bergulir. Untuk edisi 2024, ajang ini sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Piala Presiden 2024 hanya diikuti oleh delapan tim saja. Jelas ini menjadi pertanyaan lantaran peserta Liga 1 2024/2025 berjumlah 18 klub.

Dokter tim Persib Ungkap Cedera David da Silva, Berpotensi Absen Lawan PSM

Terkait hal itu, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, membeberkan alasannya. Dia menyebut, Piala Presiden kali ini hanya digelar dengan delapan klub karena keterbatasan stadion. Oleh karena itu itu akhirnya diputuskan hanya delapan klub dengan skema undangan.

Ferry juga menjelaskan, ada tiga tim yang wajib mengikuti ajang ini yakni Persib Bandung, Persija Jakarta, dan Arema FC. 

Persib vs PSM, Mailson Lima Pastikan Siap Tempur

Penilaiannya, Persib adalah juara Piala Presiden pertama pada 2015, sedangkan Persija juara Piala Presiden 2018. Sementara itu, Arema FC menjadi tim dengan gelar Piala Presiden terbanyak, yaitu tiga trofi pada 2016, 2019, dan 2022.
 

"Ada tiga klub yang selalu ikut berpartisipasi. Karena ini judulnya Piala Presiden maka klub itu harus berpartisipasi. Ada Persib Bandung, Persija Jakarta, dan Arema FC. Kemudian kami juga memilik tiga tuan rumah, Persib, Persis, dan Bali United," kata Ferry Paulus.

Gelar Game Internal, Pelatih Persib Coba Beberapa Strategi Baru

"Lalu ada enpat peserta lagi yang ikut dengan pemilihannya dari peserta Piala Asia (maksudnya kompetisi antar-negara), itu ada Madura United, Persib Bandung, PSM Makassar, Plus Borneo," ujarnya menambahkan. 

Sementara itu, Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2024, Maruarar Sirait, mengatakan bahwa kompetisi pramusim ini akan berhadiah Rp 5 miliar untuk pemenangnya. “Hadiahnya Rp 5 miliar, ini baru dua minggu sudah Rp 5 miliar hadiahnya,” ujar Maruarar Sirait. 

Maruarar Sirait berharap kehadiran Piala Presiden 2024 bisa melahirkan pemain berbakat. “Mohon dukungan dari semuanya agar bisa berjalan baik sesuai harapan Presiden ini bisa melahirkan pemain berprestasi dari unsur pembinaan, dan tak ada pengaturan skor,” tuturnya.


Berdasarkan draft yang sudah beredar, ada 8 tim yang ikut serta di Piala Presiden 2024 yang dibagi dalam dua grup. Empat tim grup A bertanding di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Mereka adalah tuan rumah Persib Bandung, Borneo FC, Persis Solo dan PSM Makassar. 

Sedangkan Grup B diisi oleh Arema FC, Bali United, Madura United dan Persija Jakarta. Keempat tim ini bertarung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. 

Dua tim teratas masing-masing grup akan lolos ke semifinal. Adapun semifinal, perebutan tempat ketiga dan final akan digelar di Stadion Manahan, Solo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya