PSS Sleman Tak Ikut Piala Presiden, Ini Alasannya

Para pemain PSS Sleman sedang berlatih (dok PSS Sleman)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)

Sleman PSS Sleman tidak akan mengikuti Piala Presiden 2024. Kepastian tim berjuluk Super Elang Jawa absen dari Piala Presiden 2024 ini disampaikan oleh Presiden Direktur PSS Gusti Randa. 

Dokter tim Persib Ungkap Cedera David da Silva, Berpotensi Absen Lawan PSM

Gusti Randa mengatakan jarak penyelenggaraan antara Piala Presiden 2024 dengan awal kompetisi Liga 1 musim 2024/2025 dinilai secara waktu terlalu mepet. 

"Piala Presiden kami tidak ikut. Bukan tidak diundang tapi itu lebih ke siapa yang available," ucap Gusti Randa dalam keterangannya, Minggu 14 Juli 2024. 

12 Pemain BRI Liga 1 Perkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

"Kita melihat, menyusun komposisi dan mendatangkan pemain itu memakan waktu. Tenggat sampai 9 Agustus (awal Liga 1). Cukup mepet. Turnamen dengan 8 peserta, bisa memakan waktu (penyelenggaraan) dua minggu," sambung Gusti Randa. 

Gusti Randa juga menyebut penyelenggaraan yang mepet antara Piala Presiden dengan Liga 1 akan membuat pemain berpotensi mengalami cedera. Hal ini dianggap Gusti Randa akan merepotkan PSS Sleman yang sedang mempersiapkan diri di Liga 1. 

Persib vs PSM, Mailson Lima Pastikan Siap Tempur

Gusti Randa

Photo :
  • Cahyo Edi (Yogyakarta)/ VIVA

"Sekarang sudah pertengahan Juli, kurang dari satu bulan. Kukira bahaya buat pemain. Ya kalau cidera ringan, jangan sampai baru main digenjot di situ melemah nanti," terang Gusti Randa. 

"Apalagi 18 klub saat ini kompetitif banget, saya lihat beberapa yang promosi gila-gilaan. Yang barat gila-gilaan, yang timur gila-gilaan. Ini harus hati-hati. Apalagi draft jadwal awal pertandingan kita juga tidak asik, ada beberapa yang 15.30 kick off," lanjut Gusti Randa. 

Gusti Randa menambahkan untuk persiapan tim, PSS Sleman berencana akan melakukan laga uji coba dengan tim lain. Dua kali laga uji coba diagendakan akan dilakoni PSS Sleman sebelum terjun di Liga 1. 

"Kami dapat beberapa undangan tapi kita lihat dulu. Uji coba bukan hebat-hebatan tapi evaluasi hasil persiapan. Hasil ini kita coba minggu depan," urai Gusti Randa. 

"Kalau di tengah-tengah ada turnamen bisa berubah. Kalau turnamen pasti ada sekian persen dikeluarkan. Saya kira akhir bulan ini (uji coba) tapi mungkin di minggu ketiga dan keempat," tutup Gusti Randa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya