Harga Pasar Eks Bintang AC Milan yang Diisukan Gabung Persib, Setara dengan Rizky Ridho

sumber foto: Instagram Alexandre Pato
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dede Idrus (Bandung)

Bandung – Mantan bintang AC MIlan, Alexandre Pato, belakangan santer diisukan bakal menjadi rekrutan anyar Persib Bandung jelang menatap Liga 1 2024-2025. Rumor itu berakar dari sikap eks penggawa Timnas Brasil tersebut yang mulai mengikuti (follow) akun Instagram Persib.

Bangganya Calvin Verdonk Bela Timnas Indonesia

Terlebih saat ini Pato juga berstatus tanpa klub sejak Januari 2024 menurut data Transfermarkt. Adapun kemungkinan lainnya yang kian memperbesar peluang striker 34 tahun itu datang dari harga pasar.

Masih melansir dari sumber yang sama, ternyata besaran nilai pasar Pato per Maret 2024 setara dengan bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho. Saat ini Pato dibanderol senilai 400 ribu Euro (sekitar Rp7 miliar).

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Sudah Gabung Latihan Timnas Indonesia

Rizky Ridho, Timnas Indonesia Vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Nominal tersebut sejatinya terjun bebas dari harga Pato sebelum-sebelumnya. Puncaknya, pemain yang punya titel juara Piala Dunia Antarklub 2007 itu pernah memiliki nilai pasar yang fantastis. Itu terjadi ketika dirinya masih berseragam AC Milan pada 2010 silam yakni dengan harga 35 juta euro (Rp614,6 miliar) per 17 Januari 2010.

Kata Mees Hilgers antara Timnas Indonesia dengan Belanda

Nilai pasarnya di bursa transfer kemudian secara garis besar cenderung semakin menurun di tahun-tahun berikutnya. Pato pun meninggalkan Rossoneri-julukan AC Milan- pada 2013 setelah enam tahun bekerja sama.

Alexandre Pato (kiri) dan Thiago Silva

Photo :
  • SPAIN - Tags: SPORT SOCCER

Sementara itu, Rizky Ridho justru mengalami peningkatan di harga pasaran bursa transfer. Sebelum bergabung dengan Persija Jakarta, bek berusia 22 tahun itu hanya dibanderol  125 ribu euro (Rp2,1 miliar) ketika masih membela Persebaya Surabaya per Maret 2021 lalu.

Melihat dari takaran pasar Pato, tampaknya bukan tidak mungkin jika Persib akan mendatangkan pemain yang pernah dipinjamkan ke Chelsea itu. Mengingat sebelumnya Pangeran Biru-julukan Persib- juga sempat berhasil memboyong legenda The Blues-julukan Chelsea, Michael Essien, pada 2017 lalu.

Padahal saat itu, kisaran pasar Essien sekitar 800 ribu euro (Rp14 miliar) per Juni 2016 ketika masih berseragam klub Yunani, Panathinaikos FC. Dia sempat berstatus tanpa klub usai dilepas September 2016 sebelum akhirnya bergabung dengan Persib.

Sebagai pemain yang kini juga berstatus tanpa klub, kondisi Pato pun terbilang serupa. Terlebih harga pasarnya juga cenderung lebih murah dibanding Essien saat itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya