Pengakuan Pelatih Malaysia Usai Timnas Indonesia Kejutkan Asia

Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon
Sumber :
  • Facebook FAMalaysiaOfficial

VIVA – Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon, memberikan pujian kepada Shin Tae-yong yang berhasil membangun Timnas Indonesia menjadi lebih baik. Dia pun berharap, Malaysia juga bisa mengikuti jejak skuad Garuda.

Head to Head Timnas Indonesia Vs Australia: Skuad Garuda Pernah Hajar Socceroos

Memang, Shin Tae-yong belum memberikan trofi untuk Timnas Indonesia. Dia hanya pernah membawa Indonesia ke dua laga final, Piala AFF 2020 dan Piala AFF U-23 2023. 

Meskipun belum ada trofi, beberapa capaian penting mampu dicatat Shin Tae-yong seperti lolos Piala Asia U-20 2023 lolos Piala Asia 2023, lolos Piala Asia U-23 2024.

Saat Erick Thohir Serukan Balas Dendam ke Australia

Terbaru, Timnas Indonesia mengejutkan Asia dengan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kemudian mencapai fase knock-out Piala Asia, lolos semifinal Piala Asia U-23, dan menaikkan Ranking FIFA Timnas Indonesia dari peringkat 173 ke 134

Media Asing Sebut Stadion GBK Tempat Menakutkan Bagi Lawan

Kim Pan-gon memuji  strategi yang dilakukan oleh Shin Tae-yong dan PSSI yang tidak asal-asalan memilih pemain yang akan dinaturalisasi.

Pemain-pemain yang bermain di liga Eropa dan berlabel Grade A kini menjadi pilihan dari PSSI dan STY.  Hal itu terbukti dengan dipilihnya, Thom Haye, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen.

Hal itulah yang dianggap menjadi salah satu kunci meningkatnya performa Timnas Indonesia saat ini. Pan-gon menyebut salah satu langkah terbaik untuk meningkatkan kualitas Malaysia adalah mengambil pemain keturunan Malaysia yang berlaga di Eropa.

“Kenyataannya (sepak bola) di Malaysia, saya melihat situasinya cukup sulit tapi saya juga tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya karena banyak hal yang perlu diperhitungkan di sini," kata Kim Pan Gon dikutip dari laman Makan Bola, baru-baru ini.

“Upaya lainnya mungkin kita bisa mencontoh (cara) pelatih-pelatih Indonesia yang terbang ke Eropa untuk mencari pemain hybrid atau legacy, tapi bagi saya kebutuhan utamanya adalah sistem pengembangan yang menghasilkan pemain-pemain lokal terbaik,” jelasnya. 

Kim Pan-gon juga menegaskan jika Timnas Indonesia akan menjadi tim terbaik setelah berbagai upaya yang sudah mereka lakukan selama ini. 

“Bagi saya, Indonesia akan segera menjadi tim terbaik dengan usaha yang mereka berikan tetapi Malaysia harus menantang mereka,” kata Kim Pan-gon.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya