Timnas Indonesia Diuntungkan Lawan Arab Saudi di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, Thom Haye dan Hokky Caraka
Sumber :
  • Instagram/thomhaye

JakartaTimnas Indonesia diuntungkan lawan Arab Saudi di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Ini bukan karena Tim Merah Putih punya komposisi skuad yang diperkuat pemain keturunan atau faktor jadwal dan sebagainya.

Timnas Indonesia Tidak Seperti Dulu, Bakal Banyak Kejutan

Keuntungan Timnas Indonesia melawan Timnas Arab Saudi justru karena alasan peringkat yang jauh lebih rendah. Hal ini tentu membuat tim asuhan Shin Tae yong itu bisa kebanjiran poin meski kalah sekalipun!

Pelatih Timnas Arab Saudi, Roberto Mancini

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi
Drama di Lapangan: Jay Idzes Ngamuk ke Rizky Ridho, Shin Tae-yong Turun Tangan

Namun syaratnya kekalahan yang diterima Timnas Indonesia itu harus lewat adu penalti. Menurut data Football Ranking, Tim Merah Putih akan tetap diganjar poin tambahan sebesar 6,88 andai kalah vs Arab Saudi hingga babak penalti.

Sayangnya, hal tersebut tak mungkin terjadi. Sebab, tak ada adu penalti di babak kualifikasi Piala Dunia. Hasil imbang akan langsung mendapatkan satu poin.

Timnas Indonesia Tahan Imbang Arab Saudi, Presiden Jokowi Ikut Bangga

Jumlah tersebut juga senilai dengan hasil pertandingan jika Timnas Indonesia bermain imbang dari Skuad Green Falcon-julukan Arab Saudi. Sebaliknya, tim asuhan Roberto Mancini itu justru bakal kehilangan poin sebanyak 6,88 jika ditahan imbang dan dikurangi 0,63 andai menang lewat penalti.

Sebab, secara peringkat Timnas Indonesia terlampau jauh di bawah Arab Saudi. Marselino Ferdinan dan kolega saat ini berada di urutan ke-134 dunia menurut Ranking FIFA sedangkan Arab Saudi berada di peringkat ke-56.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • ANTARA/RAUF ADIPATI

Masih melansir dari sumber yang sama, Timnas Indonesia justru bakal kebanjiran poin jika mampu menang. Mereka bakal menerima 19,38 poin atau 13,13 lewat adu penalti. Meski demikian, umumnya pertandingan di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 disinyalir tidak berlanjut sejauh itu.

Sekadar informasi, pertemuan pertama Timnas Indonesia vs Arab Saudi bakal berlangsung pada 5 September 2024. Nantinya kedua tim akan kembali berjumpa pada 19 November 2024 di ajang yang sama.

Selain Arab Saudi,Timnas Indonesia juga akan berhadapan melawan Australia, Bahrain, China, dan Jepang di Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Ini merupakan perjalanan yang telah lama banyak pencinta sepak bola Tanah Air.

Timnas Indonesia juga menjadi satu-satunya tim Asia Tenggara yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pencapaian itu turut membawa skuad Shin Tae-yong itu lolos ke final Piala Asia 2027 tanpa jalur kualifikasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya