Bung Towel: Timnas Indonesia U-16 Belum Matang, Cuma Berbakat

Timnas Indonesia U-16 merayakan kemenangan atas Vietnam
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – Pengamat sepakbola, Bung Towel turut berkomentar soal kekalahan Timnas Indonesia U-16 atas Australia dengan skor telak 3-5 di semifinal ASEAN Cup 2024 pada Rabu, 1 Juli 2024.

Bangganya Calvin Verdonk Bela Timnas Indonesia

Dalam ajang terebut, anak-anak asuh Nova Arianto hanya menduduki posisi ketiga usai mengalahkan Timnas Vietnam. Sementara, Australia keluar sebagai juara setelah menggilas Thailand di partai final.

Bung Towel mengatakan dirinya telah melihat bakat di diri para pemain Garuda Muda. Sayangnya, kata dia, bakat tersebut tidak ditunjang dengan kematangan.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Sudah Gabung Latihan Timnas Indonesia

Pengamat sepakbola, Tommy Welly atau Bung Towel

Photo :
  • Istimewa

“Mereka baru sebatas berbakat, belum matang,” ujar Towel di Sportify Indonesia dilihat Kamis, 11 Juli 2024.

Kata Mees Hilgers antara Timnas Indonesia dengan Belanda

Towel menilai, untuk mencapai kematangan tersebut, para pemain Timnas Indonesia U-16 masih perlu melakoni beberapa proses, dalam hal ini ditunjang dengan lingkungan sepakbola yang kompetitif.

"Ada kompetisi, ada tempahan-tempahan, improve lain dan sebagainya yang dalam bahasa sepak bola saya sederhanakan mereka butuh environment football, lingkungan sepak bola yang kompetitif, yang sehat," imbuhnya.

Lebih lanjut, Towel menyampaikan bagaimana proses pemain-pemain muda Eropa dapat mencapai kematangan hingga dapat membela klub profesional.

"Mereka yang di Eropa punya itu karena selepas usia 17 sebagai pemain berbakat, mereka ke klubnya yang profesional, sebut Towel.

"Di klub yang profesional inilah mereka (memiliki) lingkungan sepak bola yang kondusif, yang sehat, yang kompetitif, lalu kemudian mereka menjalani proses itu. Dengan melewati itu semua pemain jadi matang," pungkasnya.

Timnas Indonesia U-16

Photo :
  • PSSI
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya