China Diperkuat Eks Pemain Timnas Brasil di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas China vs Timnas Lebanon di Piala Asia 2023
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

VIVA – Calon lawan Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, China, diperkuat oleh mantan pemain Timnas Brasil. Ini lantas bakal menjadi PR besar Shin Tae yong selaku pelatih kepala Timnas Indonesia dalam membuka peluang memperlebar peluang langkah lolos ke babak keempat kualifikasi turnamen bergengsi dunia tersebut.

Gagal Hattrick Demi Arkhan Kaka, Jens Raven: Supaya Dia Percaya Diri

Sebab, Timnas China saat ini menjadi lawan yang paling mungkin bagi Skuad Garuda untuk dikalahkan di Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mengingat lawan-lawan Timnas Indonesia di grup tersebut terbilang berat.

Timnas China vs Timnas Lebanon di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis
Jens Raven Gagal Cetak Hattrick Demi Arkhan Kaka, Indra Sjafri: Dia Tidak Egois

Marselino Ferdinan dan kolega juga akan menghadapi Timnas Jepang, Australia, Arab Saudi, dan Bahrain. Adapun untuk bisa lolos ke babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia setidaknya harus bisa menempati peringkat tiga atau empat klasemen.

Mengingat tiga posisi teratas Grup C diyakini bakal diperebutkan oleh Timnas Jepang, Australia, dan Arab Saudi. Artinya, Skuad Garuda setidaknya harus bisa menangani China atau Bahrain.

Pelatih Timor Leste Jagokan Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-19

Pemain naturalisasi Timnas China

Photo :
  • IMAGO dan Zolles.com

Namun kekuatan yang dimiliki Timnas China kali ini patut diwaspadai. Ada setidaknya tiga pemain naturalisasi dari Brasil yang masuk dalam komposisi tim asuhan Branko Ivankovic itu.

Dua dari tiga pemain tersebut bahkan pernah memperkuat Timnas Brasil kelompok umur. Salah satunya juga pernah dipanggil ke skuad utama Negeri Samba tersebut.

Adapun ketiga pemain yang dimaksud adalah Elkeson de Oliveira Cardoso (Ai Kesen), Fernando Henrique da Conceicao (Fei Nanduo), dan Alan Douglas Borges de Carvalho (A Lan). Elkeson sendiri telah mencatatkan satu caps di Timnas Brasil U-23 dengan koleksi satu gol dan pernah dipanggil Timnas Brasil senior oleh sang pelatih, Mano Menezes, pada 2011.

Striker berusia 34 tahun itu memulai debutnya bersama Timna China sejak 2019 lalu. Sementara itu, Alan Douglas sudah tiga kali tampil untuk Timnas Brasil U-20 dan sukses mencetak satu gol menurut data Transfermarkt. Dia debut untuk China pada 2021 sedangkan Fernando pada 2024. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya