Pemain Asal Jepang Akui Kehebatan Bek Timnas Indonesia Rizky Ridho Sulit Dilewati

Rizky Ridho, Timnas Indonesia Vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Kehebatan bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho, diakui oleh pemain asal Jepang, Taisei Marukawa. Menurut Marukawa, Ridho merupakan pemain bertahan yang sangat sulit dilewati.

12 Pemain BRI Liga 1 Perkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

Kemampuan menyapu bola dan penjagaan Ridho selaku kapten Timnas Indonesia itu dipandang kokoh. Tak heran jika sang pelaith kepala Skuad Garuda, Shin Tae yong, kerap kali mengandalkan penggawa Persija Jakarta tersebut.

Rizky Ridho saat Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23

Photo :
  • PSSI
Kejutan Baru dari Shin Tae-yong, Dua Pemain Keturunan Siap Perkuat Timnas Indonesia

“Di Indonesia menurut saya bek yang sulit dilewati itu Pemain Timnas Indonesia, Rizky Ridho,” ungkap Marukawa dalam wawancara di kanal Youtube Dewa United, dipetik Selasa 9 Juli 2024.

Marukawa sendiri merupakan mantan rekan setim Ridho di Persebaya sejak 2021 lalu. Namun kini keduanya telah berpisah. Marukawa telah resmi bergabung dengan Dewa United pada Juli 2024. Sebelumnya, winger berusia 27 tahun itu sempat berkiprah bersama PSIS Semarang per April 2022 lalu.

Timnas Indonesia Catatkan Fakta Mengejutkan di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sementara itu, Ridho sendiri bergabung dengan Persija Jakarta setelah kurang lebih tiga tahun memperkuat tim utama Perebaya Surabaya. Dia resmi teken kontrak dengan klub ibu kota itu pada Juli 2023.

Pemain baru Persebaya, Taisei Marukawa.

Photo :
  • Instagram/@officialpersebaya

Di Persija, Ridho juga menjadi salah satu bek andalan. Tercatat dia mampu menyumbang satu gol dan satu assist sebagai bek dalam 24 penampilannya di semua kompetisi.

Marukawa pun dipandang bukan pemain asing sembarangan. Sejak pertama kali berkarier di Indonesia, Marukawa berhasil dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga 1 2021-2022 bersama Persebaya Surabaya.

Dia juga merupakan pemain yang produktif dengan koleksi 17 gol dan 10 assist dari 32 capsnya di semua kompetisi ketika masih memperkuat Bajul Ijo-julukan Persebaya Surabaya. Kiprahnya juga cukup baik saat bergabung dengan PSIS Semarang.

Marukawa mampu menyumbang 12 gol dan 20 assist dari 70 aksinya di semua kompetisi. Melihat dari pengalamannya di Liga 1, tak heran jika pemain asal Jepang ini paham betul kemampuan Ridho sebagai pemain bertahan.

Di level Timnas Indonesia, Rizky Ridho telah menjalani debutnya sejak 2021 lalu. Sejauh ini pemain berusia 22 tahun itu telah mengantongi empat gol dari 36 penampilannya menurut data Transfermarkt. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya