6 Pemain Abroad Timnas Wanita Indonesia, Tersebar di Jepang dan Amerika Serikat

Aksi pemain Timnas Indonesia Wanita
Sumber :
  • pssi.org

Jakarta – Komposisi pemain di Timnas Wanita Indonesia kali ini tidak kalah mewah dengan Skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong. Pasukan Satoru Mochizuki tersebut sekarang dihiasi oleh banyak pemain yang berkiprah di luar negeri atau dikenal dengan abroad. Mereka tersebar di Jepang dan Amerika Serikat.

Bursa Asia Jatuh Terseret Laporan Ekonomi Jepang Tak Sesuai Ekspektasi Pasar

Tercatat setidaknya ada enam pemain Timnas Wanita Indonesia asuhan Satoru Mochizuki yang saat ini berkarier abroad. Meski tidak sebanyak skuad Timnas Indonesia yang ditukangi Shin Tae-yong, tetapi ini menunjukkan adanya kemajuan yang serius di sepak bola putri.

Pelatih Timnas Indonesia Wanita, Satoru Mochizuki

Photo :
  • PSS
Kata Menlu Retno Soal Ada Geng WNI di Jepang

Sekadar informasi, saat ini Satoru Mochizuki memanggil 24 pemain Timnas Wanita Indonesia untuk dibawa ke Hong Kong pada Selasa 9 Juli 2024. Di sana mereka nantinya akan melakoni dua laga uji coba pada 11 dan 14 Juli 2024 melawan Timnas Wanita Hong Kong.

Dalam skuad yang dibawa oleh juru taktik asal Jepang itu, Timnas Wanita Indonesia diperkuat oleh enam pemain abroad. Keenam pemain tersebut tersebar di Jepang dan Amerika Serikat. Berikut penggawa-penggawa yang dimaksud.

Bursa Asia Bangkit dari Gejolak, Pasar Saham Jepang Masih Lesu
  1. Helsya Maeisyaroh - FC Ryukyu Ladies (Jepang)

Pemain Timnas Wanita Indonesia, Helsya Maeisyaroh

Photo :
  • Instagram

Helsya merupakan salah satu pemain terbaik Timnas Wanita Indonesia saat ini. Dia merupakan gelandang kelahiran Bekasi, 7 Mei 2005, yang memulai karier sepak bolanya di TIRA-Persikabo Kartini. Pemain berusia 19 tahun itu kini bermain berkarier di Jepang bersama FC Ryukyu Ladies yang eksis di J3 League dan telah mencatatkan dua gol dari lima laganya sejak bergabung pada tahun ini.

  1. Marsela Awi - FC Ryukyu Ladies (Jepang)

Pemain Timnas Wanita Indonesia, Marsela Awi

Photo :
  • Instagram

Pemain satu ini juga berkiprah di itm yang sama dengan Helsya. Dalam rilis resmi Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI), Marsela dikabarkan menjalani trial di FC Ryuku Ladies sejak pertengahan April 2024 Lalu selama dua bulan. Belakangan diketahui striker asal Papua ini tidak mendapat kontrak di klub tersebut. Namun dalam keterangan rilis resmi PSSI disebutkan status Marsela bersama FC Ryukyu Ladies.

  1. Dua pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner dan Zahra Muzdalifah

    Photo :
    • Instagram
    - Cerezo Osaka

Nama Zahra Muzdalifah sejatinya sudah tidak asing di kalangan pencinta sepak bola Indonesia. Pemain Timnas Wanita satu ini sekarang berkiprah di Jepang bersama tim Cerezo Osaka Yanmar Ladies sejak dikontrak pada 2023 lalu. Cerezo Osaka merupakan tim yang juga dibela oleh pemain keturunan Timnas Indonesia, Justin Hubner

  1. Sydney Sari Hooper - Tulsa SC (Amerika Serikat)

Pemain Timnas Wanita Indonesia, Sydney Sari Hooper

Photo :
  • Instagram Sportcorner

Sydney Sari Hooper merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia. Dia saat ini berkiprah di klub Amerika Serikat, Tulsa SC,yang berdomisili di Oklahoma. 

  1. Katarina Stalin - Sporting Blue Valley (Amerika Serikat)

Pemain Timnas Wanita Indonesia, Katarina Stalin

Photo :
  • Soccerwire

Katarina Stalin juga pemain keturunan Swedia-Indonesia. Dia merupakan wajah baru yang dipanggil Mochizuki di Timnas Wanita Indonesia saat ini. Katarina berkiprah di klub yang berdomisili di Kansas, Amerika Serikat, yakni  Sporting Blue Valley. 

  1. Kayla Ristianto - Cornell Women's Soccer Team (Amerika Serikat)

Pemain Timnas Wanita Indonesia, Kayla Ristianto

Photo :
  • Instagram

Bek kelahiran 2005 ini juga memiliki darah keturunan Indonesia yang berasall dari kedua orang tuanya. Kayla Ristianto saat ini bermain untuk Cornell Women's Soccer Team di Newy York, Amerika Serikat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya