Roberto Mancini Punya Mimpi Buruk di Kualifikasi Piala Dunia, Shin Tae-yong Diunggulkan

Pelatih Timnas Arab Saudi, Roberto Mancini
Sumber :
  • Massimo Paolone/LaPresse via AP

Jakarta – Juru taktik Timnas Indonesia, Shin Tae yong, ternyata di atas kertas jauh lebih unggul dari Roberto Mancini soal pengalaman melatih di Piala Dunia. Mancini bahkan punya mimpi buruk di Kualifikasi Piala Dunia.

Banyak Pemain Liga Belanda, Modal Timnas Indonesia Tatap Persaingan di Grup Neraka

Sekadar informasi, kedua pelatih itu akan saling adu taktik di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mancini akan meramu strategi untuk Timnas Arab Saudi selaku pelatih kepala sebelum menjamu Timnas Indonesia di matchday pertama.

Pelatih Timnas Arab Saudi, Roberto Mancini

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi
PSSI Dapat Kabar Baik, Maarten Paes Bisa Perkuat Timnas Indonesia tanpa Sidang CAS dengan Cara Ini

Pertemuan keduanya akan berlangsung pada 5 September 2024 mendatang. Timnas Indonesia nanti bakal dijamu di King Abdullah City Stadium dalam laga tandang mereka melawan Arab Saudi. Keduanya tergabung di Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 bersama Jepang, Australia, Bahrain, dan China.

Jika dilihat dari pengalaman melatih di Piala Dunia, Shin Tae-yong jauh lebih kompeten dari Mancini. Buktinya, pada Piala Dunia 2018 lalu, Shin mampu membungkam Timnas Jerman yang notabene empat kali juara dunia dengan skor 2-0 ketika masih melatih Timnas Korea Selatan.

Elkan Baggott Terpantau Aktif Latihan di Tim Utama Ipswich Town, Debut di Premier League 2024-2025?

shin tae-yong

Photo :
  • Instagram

Sejauh ini, Shin juga telah mengarungi tiga laga di Piala Dunia 2018. Sementara itu, Mancini justru masih belum punya caps melatih di Piala Dunia.

Dia justru mentok di babak kualifikasi. Mimpi buruknya terjadi ketika pria berusia 59 tahun itu menukangi Timnas Italia 2022 lalu. Mancini gagal membawa Gli Azzurri-julukan Italia- lolos ke Piala Dunia 2022 usai dibungkam Timnas Makedonia Utara di babak semifinal playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa dengan skor 0-1.

Kekalahan memilukan itu terjadi pada 25 Maret 2022. Aleksandar Trajkovski menjadi pahlawan bagi Timnas Makedonia Utara dan monster untuk Italia berkat gol tunggal yang dicetaknya di menit ke-90+2.

Meski demikian, Mancini kali ini dibekali pemain-pemain unggul Timnas Arab Saudi bekas skuad Piala Dunia 2022 lalu. Green Falcon-julukan Arab Saudi- sukses mengejutkan para pencinta sepak bola dunia usai menang comeback atas Timnas Argentina dengan skor 2-1 saat itu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya