3 Alasan Nova Arianto Dinilai Cocok Pimpin Timnas Indonesia di Piala AFF 2024, Ada Efek STY

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Jakarta – Kiprah pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, selama mengarungi Piala AFF U-16 (ASEAN Cup) 2024 dirasa tak buruk. Mantan penggawa Tim Merah Putih itu membawa Skuad Garuda muda finis di peringkat ketiga turnamen kelompok umur Asia Tenggara tersebut.

Timnas Indonesia Dijamu di Venue Pembantaian Terbesar Arab Saudi untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia U-16 mengalahkan Vietnam U-16 di perebutan peringkat ketiga. I Putu Panji dan kolega unggul lima gol tanpa balas.

Coach Nova Arianto, pelatih Timnas Indonesia U-16 saat konferensi pers.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)
Bawa Persib Bandung Juara Liga 1, Edo Febriansah Bertekad Comeback ke Timnas Indonesia

Sebelumnya, Skuad Garuda muda juga mampu merepotkan Timnas Australia U-16 di semifinal walau akhirnya tumbang 3-5 usai hanya dibela 10 pemain. Meski demikian, kualitas penggawa muda Timnas Indonesia itu banyak diacungi jempol. Kemampuan fisik, mental, dan skill indovidual menjadi perhatian.

Belum lama, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, mengabarkan ingin Timnas Indonesia diperkuat pemain muda dan lapis kedua untuk Piala AFF 2024. Sebab, Timnas Indonesia saat ini juga akan mentas di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Jadwal Serie A 2024-2025 Sudah Dirilis, Jay Idzes Berpotensi Langsung Tampil Vs Lazio

Nama Nova pun digadang-gadang cocok mengisi peran pelatih kepala Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2024. Ada setidaknya tiga alasan juru taktik berkepala plontos itu layak dipilih.

3. Mantan Pemain Timnas Indonesia

Sebagai mantan pemain Timnas Indonesia, Nova tentu kaya dengan pengalaman. Alasan ini bisa menjadi modalnya sebagai pelatih.

Nova sendiri punya jam terbang yang cukup tinggi selama aktif sebagai pemain Tim Merah Putih. Eks bek Sriwijaya FC itu mampu menyumbang satu gol dari 12 capsnya menurut data Transfermarkt.

Nova Arianto dan Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI

2. Tegas Jaga Mental Pemain

Alasan berikutnya, Nova dikenal.tegas dalam menjaga mental pemain. Dalam cuplikan video yang beredar di media sosial menampakkan momen Nova melarang penggawanya berselancar di dunia maya jelang pertandingan.

Dia bahkan tidak segan-segan mendepak pemain yang melanggar aturan tersebut meski menjadi kunci di Timnae Indonesia U-16. Sikap ini pun dinilai baik untuk menjaga kualitas permainan tim.

1. Belajar Langsung dari Shin Tae-yong 

Seperti diketahui, hubungan Nova dengan pelatih kepala Timnas Indonesia senior, Shin Tae-yong, cukup dekat. Mengingat Nova merupakan asisten dari juru taktik asal Korea Selatan itu.

Selama menemani Shin sejak 2020 lalu, Nova banyak belajar. Dia juga menjadi asisten pelatih yang telah membantu Shin Tae-yong ketika pertama kalo menukangi Timnas Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya