Daftar Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Dipanggil untuk Piala AFF 2024

shin tae-yong
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Timnas Indonesia akan melakoni turnamen padat tahun ini. Selain bakal mentas di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, tim asuhan Shin Tae-yong itu juga akan menatap Piala AFF 2024 atau yang dikenal saat ini ASEAN Cup 2024.

Timnas Indonesia Dijamu di Venue Pembantaian Terbesar Arab Saudi untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Namun pasukan yang bakal dibawa Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2024 akan berbeda. Hal ini sesuai dengan instruksi dari Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, beberapa waktu lalu.

Momen Pemain Timnas Indonesia dan Suporter Nyanyi Tanah Airku

Photo :
  • X/Twitter
Bawa Persib Bandung Juara Liga 1, Edo Febriansah Bertekad Comeback ke Timnas Indonesia

Nantinya pasukan untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2024 akan memakai lapis kedua. Sebab, turnamen level Asia Tenggara itu disebut sudah tidak menjadi prioritas lagi bagi Skuad Garuda.

Tidak menutup kemungkinan jika nanti pasukan Tim Merah Putih untuk Piala AFF 2024 bakal banyak menggunakan pemain muda dari tim kelompok umur. Tujuannya untuk menambah jam terbang bagi generas-generasi penerus kedepannya.

Jadwal Serie A 2024-2025 Sudah Dirilis, Jay Idzes Berpotensi Langsung Tampil Vs Lazio

Selain itu, Piala AFF 2024 juga bisa menjadi kesempatan untuk mengasah skill pemain muda di multiajang seperti SEA Games dan turnamen lainnya. Hal ini seperti yang pernah diterapkan oleh Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020 lalu.

Pemain Timnas Indonesia, Marc Klok (kiri) dan Shayne Pattynama (kanan)

Photo :
  • ANTARA/Ho/PSSI

Ketika itu, Shin berani mengisi skuadnya dengan mayoritas pemain muda. Timnas Indonesia bahkan saat itu rata-rata diperkuat oleh pemain di bawah usia 25 tahun. Menariknya, Skuad Garuda mampu melangkah jauh hingga partai puncak meski di akhir tumbang dari Thailand.

Melihat dari komposisi skuad Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, ada sejumlah pemain Skuad Garuda sebelumnya yang tidak masuk dalam panggilan. Sejumlah pemain itu diyakini bisa menjadi opsi untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2024.

Salah satunya seperti gelandang Persib BandungMarc Klok, yang belakangan tak dipanggil Shin memperkuat Timnas Indonesia di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Nama pemain lain yang sempat jadi andalan seperti Rachmat Irianto, Saddil Ramdani, Syahrian Ambimanyu, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, hingga Edo Febriansyah juga bisa masuk dalam daftar tersebut.

Selain itu, sosok pemain keturunan, Stefano Lilipaly dan Ezra Walian juga menarik untuk diajak. Begitupun dengan Hansamu Yama dan Muhammad Riyandi yang dirasa masih layak memperkuat Timnas Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya