Rapor Timnas Indonesia di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia, Bahrain Bisa Jadi Mimpi Buruk Lagi

Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

JakartaTimnas Indonesia bukan kali pertama melangkah ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia zona Asia yang belum lama kembali dicapai untuk edisi Piala Dunia 2026 ini. Sebelumnya, Skuad Garuda juga pernah lolos ke tahap tersebut saat Kualifikasi Piala Dunia 2014 silam.

Timnas Indonesia Dijamu di Venue Pembantaian Terbesar Arab Saudi untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Itu merupakan momen pertama Timnas Indonesia melangkah lebih jauh di kualifikasi turnamen bergengsi tersebut. Sebab dalam pantauan VIVA, adanya aturan tahap babak atau ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia zona Asia baru dimulai pada edisi untuk Piala Dunia 2006 silam.

Ki-ka: Hendro SIswanto, Diego Michiels, Alfred Riedl, Wolfgang Pikal

Photo :
  • antara
Bawa Persib Bandung Juara Liga 1, Edo Febriansah Bertekad Comeback ke Timnas Indonesia

Sebelumnya tahapan terjauh Kualifikasi Piala Dunia hanya mentok hingga babak kedua saja pada 2002. Kemudian untuk Piala Dunia 2010, peluang tim Asia untuk bermain pun semakin melebar dengan regulasi tahapan kualifikasi yang digelar hingga lima babak.

Timnas Indonesia pun berhasil melangkah paling jauh sementara ini terakhir kali pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014. Ketika itu Skuad Garuda diasuh oleh pelatih asal Belanda, Wim Rijsbergen, pada 2011 silam.

Jadwal Serie A 2024-2025 Sudah Dirilis, Jay Idzes Berpotensi Langsung Tampil Vs Lazio

Tim Merah Putih tergabung di Grup E dengan Iran, Qatar, dan Bahrain. Sama seperti pada Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia juga akan berhadapan melawan Bahrain karena sama-sama masuk di Grup C babak ketiga bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, dan China.

Mantan Pelatih Timnas Indonesia, Wim Rijsbergen

Photo :
  • ANTARA

Skuad Garuda tak berdaya ketika beraksi di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014 silam. Mereka menelan enam kekalahan beruntun tanpa kemenangan dan laga imbang satupun serta kebobolan 26 gol!

Hasil terpahit Timnas Indonesia saat itu ketiga berjumpa melawan Bahrain. Di laga terakhir tersebut Skuad Garuda ditukangi oleh Aji Santoso setelah pertandingan sebelumnya diasuh oleh Rijsbergen. Tim Merah Putih digilas 10 gol tanpa balas. 

Itu lantas menjadi kekalahan terbesar Timnas Indonesia di babak tersebut. Diego Michiels dan kolega hanya mampu mencetak tiga gol ketika berjumpa melawan Iran di matchday kelima dengan skor 1-4 serta dua gol sisanya saat menghadapi Qatar di matchday ketiga, 2-3.

Di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 kali ini, Timnas Indonesia diharapkan setidaknya bisa ‘nyangkut’ di posisi empat Grup C agar bisa lolos ke babak keempat. Jepang, Australia, dan Arab Saudi diprediksi bakal menguasai posisi tiga teratas klasemen. Artinya, kali ini tim asuhan Shin Tae-yong setidaknya harus bisa menyingkirkan Bahrain dan China untuk merebut posisi empat Grup C. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya