Hasil Piala AFF U-16: Australia Juara, Timnas Indonesia Lakukan Pembantaian di Solo

Timnas Australia juara Piala AFF U-16
Sumber :
  • Aseanfootball

VIVA – Selesai sudah gelaran Piala AFF U-16 2024 yang berlangsung di Manahan Solo. Partai final berlangsung pada Rabu 3 Juli 2024, mempertemukan Thailand melawan Australia.

Timnas Indonesia Dijamu di Venue Pembantaian Terbesar Arab Saudi untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Duel Thailand melawan Australia berlangsung sengit, hingga pemenang harus ditentukan melalui babak adu penalti.

Sebelumnya, Thailand membuka skor di menit ke-35 melalui Poramet Laoongdi. Dia melepaskan tembakan terarah yang tak mampu digapai kiper Australia, Jai Ajanovic.

Bawa Persib Bandung Juara Liga 1, Edo Febriansah Bertekad Comeback ke Timnas Indonesia


Namun, keunggulan itu tak bertahan lama. Jelang turun minum, Australia menyamakan kedudukan melalui tembakan keras Quinn MacNicol yang menghujam gawang Thailand dan membuat skor berubah 1-1 yang menjadi hasil akhir babak pertama.


Di babak kedua, Thailand dan Australia gagal menciptakan gol meski sejumlah peluang berhasil mereka dapatkan. Alhasil, duel langsung dilanjutkan melalui adu penalti.

Jadwal Serie A 2024-2025 Sudah Dirilis, Jay Idzes Berpotensi Langsung Tampil Vs Lazio

Pada akhirnya, Australia menang adu penalti 8-7 setelah dua eksekutor Thailand, Poramet Laoondgi dan Chatchawat Sahanunchaichid, gagal mencetak gol. The Socceroos hanya gagal menceploskan bola dari eksekusi Quinn MacNicol.

Kemenangan ini mengantarkan Australia menjadi jawara Piala AFF U-16 2024. Ini menjadi gelar ketiga Australia di kompetisi tersebut setelah terakhir kali merebutnya pada 2016.

Sementara itu, sang tuan rumah, Timnas Indonesia berhasil menduduki tempat ketiga usai menghancurkan Vietnam. Pada laga ini, Putu Panji dan kawan-kawan langsung tancap gas alias mendominasi serangan sejak menit pertama dan bermain efektif. 

Hasilnya lima gol Indonesia dicetak oleh dua gol Muhammad Zahaby Gholy menit ke-45' serta 78', lalu Dafa Zaidan 45+4, dan brace Daniel Alfrido menit 75' dan 82'. 

Hasil Akhir Piala AFF U-16:

Juara: Australia
Runner Up: Thailand
Peringkat Ketiga: Indonesia
Peringkat keempat: Vietnam


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya