ASEAN Cup Jadi Ajang 'Warming Up' Timnas Indonesia U-16 untuk Kualifikasi Piala Asia U-17

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo – Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto mengungkapkan keikutsertaan Timnas Indonesia U-16 dalam ASEAN Cup U-16 2024 sebagai tolak ukur kekuatan yang bakal dipersiapkan untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 yang akan digelar paa Oktober 2024 mendatang.

Timnas Indonesia Dijamu di Venue Pembantaian Terbesar Arab Saudi untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Pastinya setelah ini kita akan lakukan persiapan selanjutnya karena di bulan Oktober sudah masuk ke Kualifikasi AFC dan memang di AFF ini menjadi bahan evaluasi kami,” kata Nova Arianto di lapangan GOR UNS, Solo, Selasa, 2 Juli 2024.

Pemain Timnas Indonesia U-16 rayakan gol

Photo :
  • Instagram @timnas.indonesia
Bawa Persib Bandung Juara Liga 1, Edo Febriansah Bertekad Comeback ke Timnas Indonesia

Menurut dia, evaluasi itu mencakup hasil seleksi pemain yang pantas untuk dibawa dalam skuad Garuda Muda untuk bermain di Kualifikasi Piala Asia U-17. Dari skuad Timnas U-16, dia memperkirakan bahwa sebagian besar pemain akan masuk dalam timnas yang dipersiapkan untuk bertanding di babak kualifikasi itu.

“Di AFF ini jadi bahan evaluasi kami siapa pemain yang pantas dan bisa dibawa di kualifikasi AFC. Kalau berapa persennya mungkin, kalau saya melihat itu sudah ada sekitar 70 persen,” ujar dia.

Jadwal Serie A 2024-2025 Sudah Dirilis, Jay Idzes Berpotensi Langsung Tampil Vs Lazio

Selain memanfaatkan para pemain Timnas U-17, lanjut coach Nova, untuk memperkuat timnas yang bakal bertanding di babak Kualifikasi AFC U-17 juga akan melihat pemain-pemain keturunan Indonesia yang memiliki paspor Indonesia. Hanya saja siapa saja mereka, pelatih Timnas U-16 itu masih menunggu informasi lebih lanjut.

 “Saya masih menunggu dengan yang biasa berhubungan dengan pemain diaspora ya. Jadi kita melihat siapapun nanti pemain diasporanya akan kita lihat semuanya. Yang pasti semua pemain diaspora itu punya paspor Indonesia dan akan kita lihat dulu. Tidak semua pemain diaspora bisa masuk, kia lihat apakah layak atau tidak untuk bergabung di timnas,” sebutnya.

Untuk memperkuat Timnas Indonesia U 16 nanti, pihaknya juga akan melihat hasil seleksi pemain Asprov dan juga pemain yang berlaga di Liga Topskor yang akan bergulir pada bulan ini. 

“Termasuk ada beberapa pemain seleksi Asprov yang belum kita pantau. Termasuk ada juga liga Tospkor nasional yang baru akan berjalan di bulan ini. Itu yang akan kita lihat dan akan kita panggil mereka. Kita lihat siap yang bisa kita bawa,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya