Cek Fakta, Shin Tae-yong Diusir Erick Thohir dari Timnas Indonesia

Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir
Sumber :
  • Instagram Erick Thohir

VIVA – Sebuah video menjadi sorotan pencinta sepakbola nasional. Bagaimana tidak, dalam sebuah unggahan video di YouTube Ketua Umum PSSI, Erick Thohir disebut mengusir Shin Tae-yong dari Timnas Indonesia.

Erick Thohir Rombak Jajaran Direksi Perum Perhutani

Video tersebut juga menyampaikan narasi bernada provokatif.  “KEJAM !!! KETUM PSSI ERICK TOHIR, USIR LANGSUNG SHIN TAE-YONG DARI TIMNAS INDONESIA VIRAL HARI INI”

Lantas, benarkah Erick Thohir copot Shin Tae-yong dari posisi pelatih Timnas Indonesia? Berdasarkan penelusuran, dalam video tersebut tidak ada narasi Erick Thohir "usir" ataupun mencopot STY dari posisi pelatih Timnas Indonesia, melainkan Erick mengizinkan jika STY tidak ingin melanjutkan kontraknya.

MIND ID Bukukan Laba Bersih Rp 9,94 T di Kuartal I-2024, Erick Thohir: Berkat Transformasi Bisnis

Ya, Shi Tae-yong dalam beberapa waktu belakangan ini memang diisukan bakal berpisah dengan Timnas Indonesia. Pasalnya, hingga pekan terakhir Juni 2024, belum ada pengumuman resmi dari PSSI.

Selain itu, salah satu media di Korea Selatan mengungkapkan STY berpeluang melatih kembali negeri ginseng tersebut karena kontrak dengan Indonesia akan segera selesai pada akhir Juni 2024.

3 Alasan Nova Arianto Dinilai Cocok Pimpin Timnas Indonesia di Piala AFF 2024, Ada Efek STY

Di sisi lain, Erick yang juga Menteri BUMN itu tidak melarang apabila pelatih asal Korea Selatan itu ditarik oleh negaranya. “Kalau pun dari Korea Selatan ingin Shin Tae-yong, saya tidak bisa melarang,” katanya, dilansir dari ANTARA.

Namun, pada 28 Juni PSSI mengumumkan bahwa perpanjangan kontrak pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah final.

Keputusan tersebut telah disetujui disepakati bersama antara PSSI dan Shin Tae-yong yang telah menunjukkan dedikasi dan komitmennya dalam mendukung pengembangan sepak bola Tanah Air.

Erick Thohir, Ketua Umum PSSI, menyatakan, "Coach Shin telah membawa Timnas sampai round 3 piala dunia dan sampai play off Olimpiade. Kinerjanya telah memberikan dampak positif bagi sepak bola Indonesia," ujar Erick Thohir.

Jadi, dengan begitu video Ketua Umum PSSI, Erick Thohir disebut mengusir Shin Tae-yong dari Timnas Indonesia, adalah hoax.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya