Keuntungan Timnas Indonesia Jelang Hadapi Australia di Semifinal ASEAN Cup U-16

Logo Timnas Sepak Bola Indonesia di Jersey baru Timnas Indonesia
Sumber :
  • dok. Erspo

Solo – Timnas Indonesia U-16 punya keuntungan besar jelang menghadapi Australia di semifinal ASEAN Cup (dulu Piala AFF) yang akan digelar di Stadion Manahan, Solo pada Senin 1 Juli 2024 malam WIB.

Australia Ungkit Pembantaian Timnas Indonesia dengan Nada Khawatir

Adapun, Garuda Muda lolos ke semifinal ASEAN Cup 2024 usai menjadi juara Grup A dengan mengalahkan Filipina, Singapura dan Laos secara berturut-turut.

Dalam laga malam nanti, Timnas Australia tentu bukan lawan yang mudah bagi Mathew Baker dan kawan-kawan. Mereka berada di level yang berbeda dibandingkan tiga lawan di fase grup.

Resmi Berpisah dengan SC Heerenveen, Thom Haye Bakal Gabung OGC Nice?

Pemain Timnas Indonesia U-16 rayakan gol

Photo :
  • Instagram @timnas.indonesia

Namun, timnas Indonesia setidaknya memiliki sejumlah keuntungan jelang duel melawan Australia. Pertama, Tim Merah Putih memiliki waktu istirahat yang lebih lama dan bertindak sebagai tuan rumah, sehingga dapat dukungan dari suporter.

Timnas Indonesia U-16 Cuma Anggap Australia Uji Coba untuk Kualifikasi Piala Asia U-17

Laga terakhir yang dimainkan Timnas Indonesia U16 sebelum menghadapi Australia yakni, Kamis 27 Juni 2024 lalu, ketika menggilas Laos 6-1.

Sementara, laga terakhir Australia sebelum menghadapi Indonesia yakni, Sabtu, 29 Juni 2024, ketika menggulung Timor Leste 12-0.

Kendati memiliki dua keuntungan jelang menghadapi Australia, pelatih Indonesia, Nova Arianto mengatakan bahwa Tim Kanguru tentu sudah mempersiapkan diri jelang laga nanti malam.

“Pastinya dengan jumlah hari recovery yang lebih lama pasti menguntungkan kita. Tetapi saya lihat dari Australia di pertandingan terakhir menyimpan semua pemain intinya. Jadi secara kondisi pasti akan berbeda, tetapi tidak akan berbeda jauh,” kata Nova Arianto dalam konferensi pers jelang laga, Minggu 30 Juni 2024.

Di sisi lain, kata Nova, Australia memiliki keunggulan dari postur tubuh pemain yang tinggi, sehingga memungkinkan mereka menang dalam duel udara.

Pemain Timnas Indonesia U-16 rayakan gol

Photo :
  • Instagram @timnas.indonesia

“Selain dari segi fisik, Australia bermain sangat baik dan saya sangat mewaspadai tim Australia. Harapannya pemain bisa memperbaikinya dan  lebih fokus lagi agar kita bisa meraih hasil yang terbaik,” pungkas Nova.

Nantinya, pemenang di laga, baik Indonesia tau Australia akan menghadapi salah satu di antara Timnas Vietnam atau Timnas Thailand di partai final, yang akan dimainkan pada Kamis 4 Juli 2024 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya