Jepang Anggap Timnas Indonesia sebagai Ancaman di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia

Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Malaysia – Direktur Konfederasi Sepak Bola Jepang (JFA), Masakuni Yamamoto menyatakan Timnas Indonesia merupakan lawan berat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

AFC Denda Cristiano Ronaldo Jelang Laga Portugal Vs Slovenia di Babak 16 Besar Euro 2024

Hal tersebut disampaikan Masakuni Yamamoto usai drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Kuala Lumpur, Malaysia Kamis, 27 Juni 2024 lalu.

Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
PSS Sleman Tunjuk Eks Pemain Timnas Jepang Jadi Pelatih

Setelah acara tersebut, diketahui Timnas Indonesia bakal mengarungi putaran ketiga di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China.

Untuk lolos otomatis ke Piala Dunia 2026, anak-anak asuh Shin Tae yong harus finis di posisi puncak atau sebagai runner up Grup C.

Aksi Fenomenal Kosta Rika di Grup Neraka Piala Dunia 2014 Bisa Jadi Contoh Timnas Indonesia

Adapun, pernyataan Yamamoto soal Timnas Indonesia dinilai sebagai lawan berat Jepang lantran Skuad Garuda telah menunjukkan penampilan yang cukup baik sejauh ini.

Timnas Jepang rayakan gol ke gawang Timnas Indonesia

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

“Kita menyadari bahwa perkembangan sepak bola Indonesia yang semakin membaik akhir-akhir ini dapat menjadi ancaman bagi Jepang,” kata Yamamoto di YouuTube Harimau Malaya Minggu, 30 Juni 2024.

“Itu sebabnya, kami memperkirakan ini akan menjadi pertandingan yang cukup menantang,” sambungnya.

Selain itu, Yamamoto juga mengaku khawatir, suporter Indonesia yang terkenal dengan fanatismenya bisa menjatuhkan mental pemain Jepang saat bertandang ke Stadion GBK.

Suporter Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

“Jadi pertandingan melawan Indonesia nanti di Jakarta kami perkirakan akan menjadi laga yang cukup sulit karena suporter Garuda sangat fanatik,” kata dia.

Di sisi lain, Jepang memilih untuk bersikap rendah hati dalam menghadapi persaingan di Grup C, meskipun banyak pemain mereka berkualitas dan berpengalaman di Eropa. Mereka menganggap diri mereka sebagai underdog.

"Kami memperkirakan ini akan menjadi kompetisi yang sulit. Setiap kualifikasi Piala Dunia, kami selalu menganggap diri kami sebagai underdog. Jadi, kami menyegarkan pola pikir dalam menatap Piala Dunia 2026," pungkasnya.

Sebagai informasi, Timnas Jepang akan bertamu ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada 14 November 2024 mendatang untuk menghadapi Timnas Indonesia di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya