PSS Sleman Tunjuk Eks Pemain Timnas Jepang Jadi Pelatih

Pelatih PSS Sleman Wagner Lopes (dok PSS Sleman)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)

Sleman PSS Sleman telah resmi mengumumkan Wagner Lopes untuk menjadi pelatih utama di Liga 1 musim 2024/2025. Wagner merupakan pelatih berkebangsaan Brasil-Jepang.

Aksi Fenomenal Kosta Rika di Grup Neraka Piala Dunia 2014 Bisa Jadi Contoh Timnas Indonesia

Wagner sendiri merupakan eks pemain timnas Jepang. Wagner menjadi salah satu pemain kunci bagi Jepang pada tahun 1998 menuju ke Piala Dunia pertama kali dalam sejarah mereka.

Pelatih berusia 55 tahun ini memulai karier kepelatihannya dengan menjadi asisten pelatih dari tim Paulista FC pada tahun 2005 dan langsung meraih gelar juara Copa Do Brasil. 

Persija Jakarta Tunjuk Carlos Pena Sebagai Pelatih Baru Gantikan Thomas Doll

Wagner ditunjuk sebagai pelatih kepala tim tersebut pada tahun 2009. Di tahun 2011, dirinya berhasil meraih gelar perdana sebagai pelatih kepala di Copa São Paulo.

Setelahnya, ia kembali ke Jepang dengan menjadi asisten pelatih Gamba Osaka pada tahun 2012. Setelah dari Gamba, Wagner melalang buana ke berbagai tim di Brasil hingga akhirnya menjadi pelatih kepala PSS.

Hasil Copa America 2024, Brasil Tekuk Paraguay 4-1

"Wagner Lopes kami tunjuk sebagai pelatih kepala PSS musim ini. Pengalaman serta cara bermain menjadi salah satu alasan kami merekrutnya menjadi pelatih," ujar Direktur Utama PT Putra Sleman Sembada (PT PSS), Gusti Randa dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 29 Juni 2024.

Capaian tertinggi Wagner sebagai pelatih terwujud pada tahun 2019 saat memimpin klub Brasil, Atletico-GO. Dia berhasil membawa klub tersebut juara Campeonato Goiano dengan catatan dalam 56 pertandingan meraih 31 kemenangan, 16 imbang, dan 9 kali kalah.

Mengenai kapan Wagner akan memimpin latihan Laskar Sembada, Gusti menjelaskan bahwa pelatih pemegang lisensi CBF Pro tersebut akan segera tiba di Indonesia.

"Wagner tentu akan segera memimpin latihan tim bersama jajaran kepelatihannya. Pekan depan nanti mereka bisa bergabung bersama tim dan mempersiapkan diri untuk menyambut musim baru," tutup Gusti Randa.

Jajaran Kepelatihan Tim PSS Musim 2024/25:

Pelatih Kepala: Wagner Augusto Lopes

Asisten Pelatih: Ansyari Lubis 

Pelatih Fisik: William Schmidt

Pelatih Kiper: Andre Croda Borges

Asisten Pelatih Kiper: Amiruddin

Pelatih Analis: Antonio Gabriel Silva Silvera

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya