Warganet Semprot AFC usai Sanksi STY, Hubner dan Ivar Jenner: Bobrok, Anti Kritik

Suporter Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta – Warganet Indonesia ramai-ramai menyorot sanksi denda yang dijatuhi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) kepada Shin Tae-yong (STY), Justin Hubner dan Ivar Jenner.

Terpopuler: Timnas Indonesia Punya Memori Kelam Kekalahan 0-10, Pengakuan Mengejutkan Mike Tyson

Tidak sedikit warganet yang melayangkan komentar negatif kepada AFC usai kabar ihwal sanksi denda tersebut mencuat di media sosial X (Twitter) sejak Jumat, 28 Juni 2024.

Adapun, komentar negatif warganet terhadap AFC ini ramai dijumpai di unggahan akun @idextratime. Pada unggahan tersebut dijelaskan STY, Hubner dan Ivar dijatuhi sanksi akibat komentar tidak pantas terhadap wasit.

Sanksi AFC: Shin Tae-yong, Justin Hubner dan Ivar Jenner Terancam Hukuman Lebih Berat

Suporter Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Sebagai informasi, sanksi denda tersebut ditetapkan AFC berdasarkan hasil sidang Kode Etik dan Disiplin yang digelar pada Kamis, 27 Juni 2024 lalu.

BREAKING NEWS: Ketua Umum PSSI Erick Thohir Umumkan Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong

Shin Tae yong, Justin Hubner dan Ivar Jenner dianggap melanggar kode etik AFC pasal 50, lantaran komentar pedas yang diarahkan kepada wasit Nasrullo Kabirov.

Adapun komentar pedas tersebut dilayangkan ketiganya karena Kabirov dianggap curang saat memimpin pertandingan Indonesia vs Qatar dalam matchday pertama Grup A, Piala Asia U23 2024.

Pelanggaran kode etik yang dilakukan STY terjadi ketika dirinya mempertanyakan kualitas wasit dan panitia AFC saat konferensi pers usai pertandingan Senin, 15 April 2024 lalu.

Sementara pelanggaran kode etik yang dilakukan Hubner dan Ivar ketika keduanya mengunggah komentar pedas soal Kabirov di media sosial. Mereka dianggap menghina dan mempertanyakan integritas seluruh pihak yang terlibat dalam pertandingan tersebut.

Atas ulah-nya, STY dikenakan denda sebesar USD 7,5 ribu atau Rp123 juta. Sementara, Hubner dan Ivar masing-masing dijatuhi denda USD 5 ribu atau Rp82 juta.

Ivar Jenner dan Justin Hubner

Photo :
  • Pssi

Komentar warganet

“Anti kritik trnyta AFC ini wkwkw,” komentar salah seorang warganet.

“Bjir AFC masih kekurangan duit ternyata yas.. nyari-nyari alsan nyari cuan padahal emang bobrok,” kata warganet.

“Pemain mempertanyakan integritas wasit, bukannya langsung di selidiki wasitnya,malah menjatuhkan sanksi ke pemain...haisss,” tulis warganet.

Masa iya komentarin kinerja wasit yang udah jelas berat sebelah malah dianggep melanggar aturan, anjing juga ini AFC,” celetuk warganet.

“La nasib wasitnya kena sanksi juga ga tuh? Kalau dibiarin dan ga diusut ya berarti AFCnya menganut asian value yaitu antiii kritiikkkk,” timpal warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya