Jadi Sorotan, Shin Tae-yong Dapat Julukan dari AFC

shin tae-yong
Sumber :
  • Instagram

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae yong, menjadi sosok yang paling disorot saat ini terutama oleh Asosiasi Sepak Bola Asia (AFC). Hal ini tidak lepas dari pencapaian Shin selama menukangi Skuad Garuda.

Persaingan Mobil Listrik China Mulai Tidak Sehat

Pelatih asal Korea Selatan itu bahkan mendapatkan julukan dari AFC sebagai ‘History Maker’ alias pembuat sejarah dalam salah satu unggahan Twitter, Kamis 27 Juni 2024. Shin berhasil memberikan banyak kemajuan untuk Timnas Indonesia.

Shin Tae Yong dan keluarga

Photo :
  • @shin_jaewon77
Indonesia Masuk Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia, Erick Thohir: Lihat Austria di Euro 2024

Buktinya saat ini Tim Merah Putih sukses melangkah ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah sekian lama. Marselino Ferdinan dan kolega juga menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang melenggang di tahap tersebut.

Tidak hanya itu, Shin pun menjadi pelatih pertama yang membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2027 tanpa jalur kualifikasi. Kemenangan Skuad Garuda atas Filipina di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 menjadi tanda pencapaian tersebut.

Indonesia Masuk Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia, Pengamat: Masih Ada Putaran 4

Di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia tergabung di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. Jika dilihat dari segi peringkat, Tim Merah Putih merupakan kesebelasan yang paling lemah dengan ranking ke-134 dunia.

shin tae-yong

Photo :
  • AFC

Ini tentu menjadi tantangan besar bagi Shin Tae-yong. Sebab, di tangannya tampak tidak ada yang tidak mungkin. Contohnya pada Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berhasil lolos tanpa diduga.

Mereka bahkan mampu mengalahkan tim tuan rumah Kuwait dengan kemenangan comeback 2-1. Kemudian saat mentas di putaran final Piala Asia 2023, Shin Tae-yong kembali memberi kejutan bersama Timnas Indonesia.

Skuad Garuda mampu lolos ke babak 16 besar di turnamen level Asia itu. Meski akhirnya tumbang 0-4 dari Australia, tetapi pencapaian tersebut menjadi langkah terobosan untuk menapaki jenjang yang lebih tinggi.

Sosok Shin pun tak habis-habis jadi pembahasan banyak penggemar di Tanah Air. Taktik bunglonnya dikenal menjadi strategi yang sulit ditebak oleh tim-tim lawan. Penampilan Timnas Indonesia tak sabar dinantikan banyak fans. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya