Indonesia Masuk Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia, Erick Thohir: Lihat Austria di Euro 2024

Ketua Umum PSSI Erick Thohir
Sumber :
  • ANTARA/Andi Firdaus

Jakarta – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan respons terkait hasil drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang dilakukan oleh AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis 27 Juni 2024.

Indonesia Masuk Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia, Pengamat: Masih Ada Putaran 4

Hasil drawing tersebut menempatkan Indonesia di Grup C, bersama raksasa Asia Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. Terdapat tiga tim langganan Piala Dunia dalam grup ini sehingga dijuluki grup neraka.

Erick Thohir mengakui Timnas Indonesia kali ini berada di grup yang berat. Namun, dia berpesan kepada anak-anak asuh Shin Tae yong agar tidak kendor dan optimis meraih hasil terbaik.

ASEAN Cup U-16 Jadi Kawah Candradimuka Skuad Timnas Indonesia U-16

Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

"Harus diakui kita berada di grup yang berat. Cuma saya minta kepada pelatih dan timnas kita agar jangan kasih kendor. Ingat, bola itu bundar dan banyak sejarah bagaimana tim tidak diunggulkan bisa buat kejutan," kata Erick.

Aksi Fenomenal Timnas Indonesia Sebelum Masuk Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dia pun mencontohkan sebagaimana yang terjadi di Piala Eropa 2024. Beberapa tim tampil mengejutkan seperti Austria dan Georgia yang berhasil lolos ke babak 16 besar.

"Lihat saja di Piala Eropa 2024 ini, bagaimana kiprah Austria atau Georgia. Jadi tetap melawan walau di grup berat," kata dia.

Erick tak lupa meminta dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia, agar Timnas Indonesia dapat menunjukkan penampilan terbaiknya dan terus menorehkan prestasi bahkan hingga lolos ke Piala Dunia.

Sebagai informasi, pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan diikuti 18 negara yang dipecah menjadi tiga grup. Dalam satu grup, diisi sebanyak enam tim.

Tim yang berhasil meraih posisi 1 dan 2 dalam masin-masing grup akan memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2026.

Adapun, mereka yang finis di posisi 3 dan 4 masih harus melakoni pertandingan di putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026. Putaran keempat ini akan diikuti enam tim.

Drawing babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Photo :
  • AFC

Enam tim ini akan dibagi menjadi dua grup yang diisi masing-masing tiga negara. Juara 1 dari masing-masing grup akan lolos ke Piala Dunia 2026.

Untuk negara yang finis di posisi kedua, maka harus mengikuti putaran kelima. Putaran kelima akan diisi dua tim. Kedua tim ini bakal bertanding memperebutkan kemenangan.

Tim pemenang kemudian akan diberi kesempatan melakoni babak playoff Piala Dunia 2026 melawan tim dari konfederasi benua lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya