ASEAN Cup U-16 Jadi Kawah Candradimuka Skuad Timnas Indonesia U-16

Pemain Timnas U-16 Josh Holong Junior saat melakukan selebrasi gol di laga melawan Laos di Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo, Kamis malam, 27 Juni 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo – Timnas Indonesia U-16 berhasil menembus ke babak semifinal ASEAN Cup U-16 2024 dengan status juara Grup A. Pelatih tim Garuda Muda, Nova Arianto pantas berbangga lantaran laga di turnamen ini menjadi ajang untuk uji coba 23 pemain yang tergabung dalam skuad Timnas Indonesia U 16.

Aksi Fenomenal Timnas Indonesia Sebelum Masuk Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dalam pertandingan penentu Grup A ASEAN Cup U-16 2024, Timnas Indonesia U-16 lawan Timnas Laos yang sebelumnya menorehkan hasil ciamik karena dua kali laga selalu meraih poin penuh. Hanya saja dalam laga pamungkas Grup A, Timnas U-16 berhasil menggasak Laos dengan skor menyakinkan 6-1.

Menanggapi hasil kemenangan Josh Hong Junior dkk, pelatih Timnas U-16, Nova Arianto tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pemain karena telah berhasil meraih tiga poin dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo pada Kamis, 27 Juni 2024, malam. 

Terpopuler: Hasil Drawing Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Daftar Tim Lolos 16 Besar EURO 2024

“Terima kasih kepada pemain saya yang sudah berjuang secara maksimal di pertandingan malam ini. Saya tidak melihat hasil dan selalu bersyukur,” kata dia usai pertandingan Timnas U-16 melawan Laos di Stadion Manahan, Solo pada Kamis, 27 Juni 2024, malam

Seperti diketahui selama tiga pertandingan di babak penyisihan Grup A ASEAN Cup U-16 2024, mantan asisten pelatih Shin Tae-yong itu memainkan semua pemain yang diboyong ke turnamen itu secara bergantian. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan masing-masing pemain.

Ini Kelebihan Timnas Indonesia dari Jepang, Australia dan Arab Saudi

Pemain Timnas Indonesia U-16 rayakan gol

Photo :
  • Instagram @timnas.indonesia

“Saya selalu besyukur karena konsep awalnya kita mengharapkan 23 pemain ini bisa tampil di AFF. Saya bersyukur semua pemain sudah bisa tampil dan kita bisa melihat siapa-siapa pemain mempunya  (kemampuan bagus),” ujar dia.

“Rata-rata mereka berusaha maksimal tapi memang ada beberapa yang saya lihat masih ada kekurangan. Saya yakin ke depannya di pertandingan ke depan pemain bisa disiapkan,” tambahnya.

Menurut dia, pertandingan yang dilakoni skuad Garuda Muda pada ASEAN Cul U-16 merupakan babak baru untuk mengarungi pertandingan-pertandingan selanjutnya. Oleh sebab itu, ia meminta kepada anak-anak untuk segera fokus menatap laga selanjutnya di babak semifinal nanti.

“Saya juga sampaikan kepada pemain, ini bukan menjadi akhir tapi saya bilang ini menjadi awal kita untuk ke depannya lebih baik lagi. Saya minta  bisa fokus lagi dan melupakan euforia pada malam ini agar bisa semifinal nanti bisa tampil maksimal,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, coach Nova juga memuji mentalitas para pemain Timnas U-16 karena pada awal babak pertama sempat mendapat hukuman pinalti sehingga Laos berhasil unggul 0-1. Tetapi skuad Garuda Muda berhasil keluar dari tekanan sehingga bisa mengkandaskan Laos dengan skor 6-1 hingga peluit babak kedua berakhir.

“Yang pasti gol itu cukup membuat kita kaget ya tetapi itu biasa terjadi di menit-menit awal terkadang kita menggebu-gebu untuk menyerang. Tapi kita malah kecolongan dengan gol pinalti,” kata dia.

“Saya bersyukur secara mental pemain cukup kuat dan tetap tenang untuk kita bisa mencetak gol kembali, termasuk gol-gol yang terjadi sudah kita persiapkan. Semoga pemain lebih percaya diri dengan enam gol yang tercipta,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya